Hilangkan Insecure Di Tempat Kerja

Sumber Foto : https://i1.wp.com/seruni.id/wp-content/uploads/2020/05/Screenshot_473.png?fit=730%2C401&ssl=1

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang pernah merasa tidak percaya diri di tempat kerja. Kita mungkin merasa tidak memiliki potensi dalam diri, tidak percaya akan kemampuan yang dimiliki, tidak bisa bersaing dengan karyawan lain dan mengkhawatirkan hal-hal kecil lainnya. Padahal kekhawatiran tersebut dapat menghambat kita untuk berkembang di tempat kerja.

Dikutip dari Monster.com, berikut adalah beberapa hal yang sering dikhawatirkan karyawan di tempat kerja, dan beberapa saran untuk mengatasinya.

Merasa tidak cukup berbakat

Persaingan antar karyawan saat ini cukup kompetitif, maka wajar untuk merasa bahwa rekan kerja lebih berbakat dan mampu daripada kita. Akan selalu ada seseorang yang dapat bekerja lebih efisien, lebih cerdas dan lebih cepat daripada kita, tetapi itu tidak berarti keterampilan kita tidak cukup baik. Orang-orang bekerja dalam tim karena setiap orang memiliki keterampilan yang saling melengkapi. Keterampilan dan peran kita pun sama pentingnya dengan rekan kerja lainnya. Maka jangan merasa khawatir dengan hal itu.

Merasa takut untuk meminta promosi

Ini adalah kecemasan yang umum terjadi. Ketakutan akan penolakan membuat banyak orang enggan untuk meminta tanggung jawab lebih dalam pekerjaan (posisi lebih tinggi) atau gaji yang lebih besar. Padahal. jika merasa layak mendapatkan lebih, kita dapat mengajukan diri kepada atasan. Jika kita memiliki cukup keterampilan dan pengalaman untuk medapatkan promosi, ambil kesempatan tersebut. Jangan takut sebelum mencoba.

Merasa takut kehilangan pekerjaan

Jika kita banyak mengkhawatirkan beberapa hal di tempat kerja, kita pun dapat merasa khawatir tidak memiliki kinerja yang baik yang dapat mempertahankan pekerjaan kita saat ini. Jika kita adalah karyawan yang baik dan selalu memiliki feedback yang bagus dari atasan, kita harus membuang rasa takut tersebut. Agar tidak khawatir berlebihan, kita dapat meningkatkan kinerja kita setiap harinya, menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya.

 

Kekhawatiran tentang pekerjaan dirasakan semua orang. Yang harus kita lakukan ketika merasa tidak layak adalah terus belajar. Contohnya adalah selalu semangat dalam meningkatkan keterampilan dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Semakin kita mempersiapkan diri, semakin kita merasa percaya diri. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More