Sukses Wawancara Promosi Untuk Raih Karir Cemerlang

Sumber foto : https://bit.ly/2VUaHYz

Bandung, ITB Career Center – Wawancara promosi adalah wawancara yang dilakukan oleh karyawan internal untuk mendapatkan posisi tertentu atau kenaikan jabatan di kantor. Banyak perusahaan lebih suka merekrut kandidat internal karena sudah memahami misi, harapan, tujuan, dan proses bekerja di perusahaan.

Kita yang berhasil dalam wawancara promosi, akan mendapatkan kenaikan gaji, berkesempatan berperan sebagai pemimpin dan tentu memajukan karier kita. Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa persiapan untuk wawancara promosi sehingga kita dapat mengejar tujuan karir secara efektif. Berikut persiapannya:

Diskusi dengan atasan

Sebelum memulai proses wawancara internal untuk keperluan promosi, pastikan kita sudah berdiskusi kepada atasan tentang rencana kita mengikuti wawancara tersebut. Melakukan percakapan dengan atasan akan membantu kita mendapatkan masukan untuk wawancara nanti. Kita pun dapat meminta dukungan dan arahan agar wawancara berjalan dengan baik. Rekomendasi dari atasan kita tentang kinerja kita di kantor akan menjadi nilai lebih di mata juri.

Teliti posisi yang dipilih

Untuk mempersiapkan wawancara, teliti setiap aspek dari posisi yang kita pilih adalah salah satu kunci kesuksesan dalam wawancara. Setiap kandidat dapat membaca deskripsi pekerjaan, tetapi sebagai pelamar internal, kita memiliki akses untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam. Kita harus satu langkah lebih maju dibandingkan orang lain dengan mempelajari tanggung jawab, tantangan, dan prestasi yang bisa dicapai dalam posisi tersebut.

Buatlah daftar keterampilan

Untuk memposisikan diri sebagai kandidat terbaik, tunjukan keterampilan dan pengalaman yang dapat mendukung kita untuk posisi tersebut. Cobalah untuk menyesuaikan daftar keterampilan dengan deskripsi pekerjaan, dan gunakan contoh dan data dari posisi kita saat ini untuk mendukung wawancara.

Jabarkan kinerja kita

Sebagai kandidat internal, kita harus siap untuk mendapatkan pertanyaan tentang kegagalan yang kita pernah alami selama menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Untuk mengatasi kesalahan yang kita buat pada posisi saat ini, jelaskan tentang bagaimana kita mengambil tanggung jawab dalam setiap masalah dan bagaimana kita terus bangkit. Hal ini menunjukan bahwa kita adalah pribadi yang pantang menyerah.

Mengambil tantangan baru dengan mengikuti wawancara promosi adalah hal yang baik untuk karir. Di sini kita akan mendapatkan kesempatan baru, maka persiapkan diri dengan baik untuk mnghadapi wawancara. Beberapa tips di atas dapat kita lakukan untuk dalam mempersiapkan wawancara promosi. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips