Ubah Mindset Sebagai Seorang Pemimpin

sumber foto: https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/5/5/55735cfa44b05f180020a4bc5f83f12f13c09729.jpg

Bandung, ITB Career Center – Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan karyawan biasa. Selain itu, mereka memiliki mindset yang berbeda dengan orang kebanyakan. Untuk belajar berpikir sebagai seorang pemimpin, kita dapat meminta saran dari para professional yang berpengalaman memimpin banyak orang.

Saran ini dapat menjadi pelajaran berharga untuk kita yang merupakan seorang pemimpin atau seseorang yang ingin menjadi pemimpin di tempat bekerja. Dikutip dari Forbes.com, berikut adalah saran dari beberapa professional yang dapat kita pelajari.

Work Hard, Play Harder

Seorang professional di bidang kreatif, Abby Downing mengatakan bahwa industri kreatif yang ia jalani menuntutnya untuk selalu bekerja keras. Ide-ide yang dimiliki tidak akan berhasil jika kita hanya menyimpannya sendiri, kerja keras untuk mewujudkan ide tersebut dapat membawa kita menuju kesuksesan. Apalagi sebagai seorang pemimpin, kita tentu harus bekerja ekstra dibandingkan dengan orang yang kita pimpin. Yang harus kita lakukan adalah mulai keluar dan bekerja keras.

Jangan Biarkan Orang Lain Mengatur Karir Kita

Salah satu hal yang penting adalah jangan biarkan orang lain mengatur karir kita, karena dapat dipastikan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Untuk itu, kita harus memiliki manajemen karir sendiri. Seorang pemimpin akan dapat fokus pada keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk akhirnya mencapai apa yang kita impikan. Kita harus mempersiapkan karir dengan hati-hati, memastikan bahwa kita menggunakan keterampilan yang tepat untuk menjadi seorang pemimpin.

Berjuang Demi Kebahagiaan

Sering kali kita berangan-angan untuk mendapatkan kebahagiaan tanpa kerja keras seperti dalam dongeng. Padahal dalam kehidupan nyata, kita harus berjuang demi mendapatkan kebahagiaan. Kebahagiaan, kesuksesan karir bahkan bagaimana seseorang memperlakukan kita, semua tergantung dari diri kita. Jika ingin menjadi seorang pemimpin, kita harus berjuang. Berjuang atas apa yang ingin kita capai di saat orang biasa mungkin hanya diam dan menunggu keajaiban.

Pelajari Sesuatu yang Baru Setiap Hari

Kita perlu melatih otak setiap hari, caranya dengan selalu belajar hal baru setiap harinya. Kita bisa mempelajari hal baru dengan cara membaca buku, mengikuti pelatihan, berdiskusi dengan orang lain, dan lainnya. Dengan selalu belajar hal baru, kita akan terus berkembang. Hal ini dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Belajar hal baru membawa kita terus bergerak dan mengembangkan diri.

 

Saran di atas dapat kita coba praktikan untuk menjadi seorang pemimpin. Selain itu, berkumpulah dengan orang-orang yang bersemangat dalam berkarir agar ikut membangun semangat kita. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah seorang pemimpin akan terus berusaha dan pantang menyerah dalam hal apapun. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips