Jawaban Terbaik Tentang Motivasi saat Wawancara Kerja

Sumber foto :https://moondoggiesmusic.com/wp-content/uploads/2018/07/motivasi-kerja-dari-diri-anda.jpg


Bandung, ITB Career Center – Saat wawancara kerja, banyak pertanyaan-pertanyaan sulit yang cukup menjebak. Salah satunya pertanyaan tentang motivasi atau passion kita terhadap pekerjaan. Perusahaan berusaha memahami apa yang memotivasi kita untuk bekerja dengan mengajukan pertanyaan seperti, "Apa yang memotivasi Anda?", "Pekerjaan apa yang Anda sukai?" atau "Apa yang Anda sukai?".

Dari pertanyaan tersebut, perusahaan akan mengetahui kelebihan dan kekurang yang kita miliki. Selain itu, bertanya tentang apa yang kita sukai dapat membantu perusahaan memahami bagaimana mereka perlu memotivasi kita jika kelak kita bergabung di perusahaan tersebut. Ini pun akan memperlihatkan apakah kita dapat berkomitmen untuk tugas, hobi, atau antusiasme tertentu, dan apakah kita adalah individu yang berpengetahuan luas atau tidak.

Dikutip dari Indeed.com, dibawah ini adalah jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan motivasi kita saat wawancara kerja.

Pilih kegiatan yang benar-benar kita sukai

Hal pertama yang dapat kita lakukan saat menjawab pertanyaan tentang passion yang kita miliki adalah memilih kegiatan yang benar-benar kita sukai untuk diceritakan saat wawancara. Ceritakan hal tersebut dengan percaya diri. Contohnya gemar berolahraga, mengikuti kegiatan sosial, dan lainnya. Selama kita dapat menyampaikannya dengan semangat dan antusias, pewawancara akan ikut tertarik dengan hal yang kita sukai. Menyukai sesuai dan fokus pada hal tersebut, bisa menjadi nilai lebih. Apalagi jika hal yang kita sukai sejalan dengan pekerjaan.

Jelaskan mengapa kita memilih yang kita sukai

Luangkan waktu sejenak untuk menjelaskan mengapa kegiatan tersebut sangat kita sukai. Idealnya, ini bisa menjadi sesuatu yang umum yang berhubungan dengan keterampilan atau pengalaman yang akan berguna dalam pekerjaan yang kita lamar. Misalnya, jika kita bersemangat memasak karena senang mencoba hal baru dan bereksperimen, artinya dalam pekerjaan kita pun akan melakukan hal yang sama. Senang mencoba hal baru dalam pekerjaan, memunculkan ide-ide kreatif, pantang menyerah, hal tersebut tentu dapat mendukung kita saat bekerja nanti.

Hubungkan kembali ke pekerjaan

Setiap kali kita menyebutkan hal yang kita sukai, jangan lupa untuk menghubungkan dengan pekerjaan. Pastikan hal yang kita sukai tersebut dapat mendukung kita untuk mendapatkan posisi yang dilamar dan kita adalah orang yang paling cocok untuk pekerjaan itu. Misalnya, jika kita bersemangat menulis dan mewawancarai orang baru, ada koneksi jelas yang dapat banggakan yang dapat mendukung pekerjaan kita sebagai penulis. Kita juga dapat menjelaskan bahwa menulis membutuhkan latihan yang konsisten untuk menjadi lebih baik, yang telah kita lakukan sejak lama.

 

Setiap pertanyaan mengenai hal yang kita sukai akan memperlihatkan bagaimana cara kita mengerjakan sesuatu. Kita pun akan dinilai tentang bagaimana kita meluangkan waktu, upaya, dan latihan dalam keterampilan, hobi, atau topik yang disukai. Dari hal itulah kekuatan dan kelemahan seseorang dapat dinilai. Tips di atas akan membantu kita dalam mempersiapkan jawaban terbaik saat wawancara kerja. Intinya adalah menyukai sesuatu dengan sungguh-sungguh dan tampil percaya diri dalam wawancara. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips