Identifikasi Kekuatan Kita di Tempat Kerja

Sumber foto : https://hbimg.blob.core.windows.net/hush-wp/2018/08/soft-skill-hush.jpg

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang memiliki kekuatannya tersendiri yang bisa mendukungnya dalam meraih karir yang cemerlang. Kita dapat meninjau dan mengidentifikasi kekuatan yang kita miliki di tempat kerja, yang relevan dan mendukung pekerjaan. Kekuatan di tempat kerja terdiri dari beberapa soft skill yang dapat diterapkan oleh para profesional ke lingkungan, industri, atau pekerjaan apa pun.

Profesional menggunakan kekuatan ini untuk mengembangkan hubungan tempat kerja yang sehat dengan rekan kerja mereka dan melengkapi aspek yang lebih teknis dari posisi mereka. Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa contoh kekuatan di tempat kerja yang dapat kita ketahui.

Bisa diandalkan

Salah satu kekuatan yang harus dimiliki adalah dapat diandalkan dan loyal. Di tempat kerja, karyawan yang dapat diandalkan dalam berbagai hal akan dipercaya oleh rekan kerja. Dapat diandalkan berhubungan pula dengan tepat waktu, dan dapat dimintai bantuan atau bimbingan. Atasan mereka tahu mereka bisa mengandalkan kita, sehingga biasanya kita akan diberikan beban kerja ekstra dibandingkan orang lain. Tetapi, kepercayaan atasan tersebut merupakan hal positif.

Fleksibel

Fleksibilitas menggambarkan seseorang yang dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan. Di tempat kerja, karyawan yang fleksibel dapat dengan cepat mempelajari prosedur baru dan yang paling penting, mereka akan menerima perubahan-perubahan baru dengan cara yang optimis. Mereka juga dapat menjadi panutan bagi rekan kerja mereka untuk tetap positif selama perubahan perusahaan.

Motivasi diri

Motivasi diri menggambarkan seseorang yang disiplin walaupun tidak diawasi oleh atasan. Di tempat kerja, karyawan yang memiliki motivasi diri sangat dicari oleh perusahaan, karena selain tidak membutuhkan pengawasan, orang yang memiliki motivasi diri dapat menyelesaikan tugas dengan baik sesuai dengan tanggung jawabnya.

Berorientasi pada tim

Seseorang yang berorientasi pada tim senang bekerja berkelompok. Karyawan yang berorientasi pada tim dapat bertindak sebagai pemimpin bagi kelompok dan dapat bekerjasama dengan siapapun. Mereka akan fokus pada tujuan bersama dibandingkan tujuan pribadi.

Komunikatif

Seorang yang komunikatif artinya memiliki keterampilan berkomunikassi baik itu nonverbal atau verbal untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Dengan keterampilan komunikasi yang baik, hal ini meminimalisir kesalahpahaman antar rekan kerja. Karyawan komunikatif memiliki keterampilan menulis email yang baik, persentasi yang baik, dan lainnya.

 

Beberapa hal di atas merupakan keterampilan yang dapat menjadi kekuatan kita di tempat kerja. Kita bisa mengasah diri untuk mendapatkan keterampilan tersebut. Dengan kekuatan di tempat kerja, pekerjaan akan berjalan dengan baik yang berguna untuk peningkatan karir kita kedepannya. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More