Gapai Tujuan Walau Banyak Tantangan

(Sumber Gambar :  https://glints.com/id/lowongan/wp-content/uploads/2018/03/jenjang-karier-cover.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Pada 2020, kita diuji oleh berbagai macam hal dalam berkarir, mulai dari penggunaan robot yang menggantikan manusia hingga pemutusan kerja besar-besaran akibat Corona Virus. Karenanya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menetapkan tujuan karir baru yang sesuai dengan situasi yang ada. Dikutip dari Jobs.newscientist.com, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan. Berikut tipsnya:
  • Tentukan tujuan karir dan bagaimana bisa mencapainya

Tentukan tujuan karir jangka panjang dalam jenjang waktu satu tahun , lima tahun atau 10 tahun ke depan. Tentukan bagaimana tepatnya kita dapat mencapai tujuan tersebut. Pikirkan pula apa yang perlu kita persiapkan untuk mencapai tujuan. Selama membuat perencanaan, kita pun harus mempertimbangkan tantangan-tantangan yang akan dihadapi.

  • Bersikap proaktif

Jika kita telah memutuskan tujuan baru dan jalan untuk mencapai tujuan, maka selanjutnya kita harus bersikap proaktif. Mulailah menentukan langkah demi langkah dalam menggapai tujuan. Sikap ini menunjukan semangat kita, sikap proaktif pun akan memberikan kita kesempatan untuk belajar agar lebih mudah dalam mencapai tujuan. Contohnya, untuk selalu inisiatif dalam bekerja, selalu belajar lebih banyak, tidak menunda pekerjaan dan lainnya.

  • Belajar dan berkembang sebagai seorang profesional

Untuk mencapai promosi atau pekerjaan baru itu maka kita perlu mendorong diri keluar dari zona nyaman. Jika mendapatkan promosi dan pekerjaan baru merupakan tujuan karir kita, ini berarti kita bersedia mengembangkan atau mempelajari keterampilan baru. Sebagian besar peran baru akan memerlukan pembelajaran baru, apakah itu belajar bagaimana menjadi seorang Manajer atau mempelajari teknik baru yang dapat kita terapkan di pekerjaan.

  1. Jangan membatasi diri

Ternyata penting untuk percaya pada diri sendiri dan tidak membatasi kemampuan. Dalam berkarir, orang yang percaya akan kemampuan diri dan tidak membatasi diri dalam melakukan pekerjaan ternyata berpeluang mengapai kesuksesan dalam berkarir. Sukses dalam berkarir, seperti mendapatkan kenaikan jabatan, mendapatkan bonus, menjadi manager, adalah tujuan karir banyak orang. Untuk menggapainya kita harus fokus pada kekuatan yang kita miliki dari pada serba takut mencoba.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard menemukan bahwa orang yang menetapkan tujuan memiliki kesempatan 10 kali lebih berhasil daripada mereka yang tidak. Namun, penelitian juga menunjukan bawa 92 persen orang tidak mencapai tujuan dan 25 persen diantaranya terlalu cepat menyerah pada tujuan yang telah ditetapkan. Setelah memiliki tujuan berkarir, kita pun harus tetap fokus dan semangat menggapai tujuan tersebut. Semoga kita masuk dalam daftar orang yang mencapai tujuan berkarir walaupun banyak tantangan yang dihadapi. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More