Program Mahasiswa Wirausaha ITB, Wadah Mahasiswa Mengaktualisasikan Diri

Direktur Ditmawa ITB G. Prasetyo Adhitama, memberikan sambutan dalam Kegiatan Sosialisasi secara online Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2020 melalui Zoom pada Rabu (20/5/2020). (Dok. ITB Career Center/Mar)

Bandung, ITB Career Center - ITB Career Center dibawah Direktorat Kemahasiswaan ITB, kembali mengadakan Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2020 sesi dua secara online. Berbeda dengan sosialisasi sebelumnya yang menggunakan Whatsapp Group, sosialisasi kedua dilaksanakan menggunakan aplikasi Zoom. Direktur Ditmawa ITB Dr. G. Prasetyo Adhitama turut hadir untuk membuka kegiatan sosialisasi.

Prasetyo mengatakan, kegiatan PMW merupakan hal penting yang menjadi salah satu tujuan pendidikan di ITB. Tujuan pendidikan tersebut salah satunya adalah semakin mendekatkan mahasiswa secara nyata kepada masyarakat dengan pendekatan bisnis atau sosial, dalam konteks kewirausahaan.

Selain itu, dalam konteks kurikulum, PMW merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan pengetahuan dan kemampuan yang selama ini diterima dari perkuliahan. Salah satu keterampilan yang diasah adalah softskill. Jika kemampuan hardskill seperti pemahaman teori, pengetahuan, konseptual dan lainnya didapat di kelas, kemampuan softskill dapat kita asah melalui kegiatan di luar kelas seperti PMW.

“Adek-adek yang ada di sini sudah mengetahui beberapa hal yang saya sampaikan merupakan faktor penting untuk kesuksesan setelah lulus kuliah,” ujarnya saat membuka acara sosialisasi pada Rabu (20/5/2020).

Menurut Prasetyo, kemampuan softskill yang didapatkan dalam kegiatan PMW seperti mengasah kepribadian, kemampuan negosiasi, komunikasi, tenggang rasa dan lainnya merupakan kunci kesuksesan seseorang setelah lulus nanti.

“Di sini akan banyak informasi pula yang akan kita terima, kemampuan softskill, bernegosiasi, tenggang rasa dan sebagainya . Itu adalah beberapa faktor yang menentukan kesuksesan seseorang setelah lulus,” ujarnya.

Sosialisasi PMW 2020 sesi dua ini merupakan sosialisasi terakhir sebelum para peserta PMW mengumpulkan proposal. Kegiatan PMW 2020 dijadwalkan berlangsung hingga Desember 2020 mendatang.

Bagi peserta PMW 2020 ada beberapa rangkaian kegiatan yang wajib diikuti diantaranya pengumpulan proposal sesuai dengan format yang telah diberikan, pameran PMW, seminar kewirausahaan dan mentoring. Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMW 2020 peserta dapat menghubungi ITB Career Center untuk bergabung dalam Whatsapp Group PMW 2020. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More