Keterampilan Dasar yang Dibutuhkan untuk Bekerja di Bidang Kesehatan

(Sumber Gambar : https://tugaskaryawan.com/wp-content/uploads/2020/01/administrasi-kesehatan-e1579418890791-630x380.jpg)

Bandung, ITB Career Center - Ada banyak pekerjaan yang dapat kita pilih ketika memutuskan untuk berkarier di bidang kesehatan. Tidak hanya dokter dan perawat, pekerjaan lain di bidang kesehatan diantaranya, manajer kantor medis, asisten medis, sekretaris medis, penagih medis, juru kode medis, dan lainnya. Jika tertarik untuk membangun karir di bidang ini, seperti yang dikutip dari Thebalancecareers.com, ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki yang diperlukan untuk menjadi sukses di lingkungan bidang medis.

  • Pahami HIPAA

Privasi pasien dilindungi oleh Asuransi Kesehatan Portabilitas dan Akuntabilitas Asuransi Kesehatan atau HIPAA. HIPAA merupakan daftar hak individu yang harus dihadirkan oleh perawatan kesehatan. Memahami HIPAA adalah salah satu aspek terpenting dari karir di bidang medis, karena ada konsekuensi hukum, keuangan dan informasi yang dilindungi, termasuk foto pasien, yang tidak boleh disebarluaskan tanpa izin.

  • Layanan Pelanggan

Keterampilan yang paling dimiliki seorang yang bekerja di lingkungan medis adalah memberikan layanan kepada pelanggan dengan sangat baik. Jangan sampai kita memperlakukan pasien dengan tidak baik sehingga mereka merasa tidak nyaman. Pelanggan adalah raja pun berlaku di bidang kesehatan. Apalagi mereka adalah orang yang sedang sakit. Keahlian pelayanan kepada pelanggan harus kita miliki.

  • Terminologi Medis

Memiliki pengetahuan tentang terminologi medis sangatlah penting, hal ini akan membantu pekerjaan kita di lingkungan kantor medis. Kita mungkin tidak memerlukan banyak istilah teknis, tetapi ada istilah khusus yang perlu diketahui oleh seorang profesional yang bekerja di kantor medis. Kosa kata medis ini dapat kita pelajari di sekolah atau buku medis.

  • Etika menerima telepon

Cara kita menerima telepon ternyata penting untuk kepuasan pasien. Seseorang yang ditugaskan menerima telepon di kantor medis harus menjawab telepon dengan sopan setiap saat. Bersabar menghadapi pertanyaan dan keluhan pasien harus kita biasakan. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan terima kasih kepada pasein.

  • Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan komunikasi tidak kalah penting untuk dimiliki kita yang ingin berkarir di bidang medis. Salah satunya adalah kemampuan kita menjelaskan kepada pasien dengan jelas dan lengkap mengenai hal yang berhubungan dengan kesehatan pasien Hal ini termasuk saat kita mencatat informasi kesehatan pasien untuk disampaikan kepada tenaga medis. Catatan pasien yang tidak lengkap atau tidak akurat dan kurangnya kemampuan komunikasi dapat menimbulkan salah paham yang berdampak serius kepada kesehatan pasien.

Berkarir di bidang kesehatan sebagai tenaga pendukung medis adalah pekerjaaan yang menyenangkan. Kita hadir untuk membantu tenaga medis dalam melayani pasien. Beberapa keterampilan dasar di atas akan memudahkan kita bekerja di bidang kesehatan ini. Kita dapat mengasah kemampuan tersebut setiap saat. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More