Persiapan Matang Untuk Rapat Saat Work From Home

(Sumber Gambar : https://ekrutassets.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/blogs/images/000/002/796/original/rapat-online---EKRUT.jpg)

Bandung, ITB Career Center - Rapat adalah bagian penting dari pekerjaan. Rapat tetap harus dilakukan walaupun kita bekerja dari rumah. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk kita melakukan rapat jarak jauh, walaupun begitu rapat memang tidak terasa lengkap jika tidak bertemu dengan orang lain secara langsung.

Terkadang, kendala teknis banyak terjadi jika menggunakan berbagai aplikasi untuk jarak jauh. Karenanya, penting untuk mempersiapkan diri untuk dapat melaksanakan rapat jarak jauh dengan lancar. Dikutip dari Careerkarma.com, ada beberapa trik yang dapat dilakukan agar kita dan rekan kantor dapat berkomunikasi dengan baik saat rapat jarak jauh.

  • Memilih Rapat Video

Dari sekian banyak bentuk aplikasi untuk rapat, pilihan yang tepat untuk digunakan dalam rapat adalah videocall bersama. Berkomunikasi menggunakan pesan dan telepon tidak begitu efektif digunakan untuk rapat, sedangkan video terbilang lebih efektif. Dengan saling tatap muka, kita akan lebih fokus dalam rapat. Kita pun dapat berkonsentrasi layaknya rapat bertemu langsung.

Tanpa video, orang di ujung telepon bisa melakukan apa saja, mungkin mereka melakukan rapat sambil melakukan hal lain. Apalagi hanya panggilan suara atau mengirim pesan, rekan kerja lain dalam rapat merasa tidak diawasi. Maka memilih rapat menggunakan video adalah pilihan tepat.

  • Fokus pada Panggilan

Saat melakukan rapat jarak jauh, kita sering kali tergoda untuk melakukan hal lain, misalnya mengirim email atau mengerjakan pekerjaan kantor lainnya. Walaupun rapat bersifat video, terkadang kita tetap tidak fokus. Tentu hal ini akan menganggu jalannya rapat.

Agar rapat dapat berjalan dengan baik, kita sebagai peserta rapat harus fokus pada rapat jarak jauh. Jangan melakukan hal lain yang membuat orang lain merasa seolah-olah mereka tidak dihargai karena tidak ada yang mendengarkan. Cobalah untuk fokus hanya pada panggilan yang dilakukan.

  • Ambil catatan

Seperti rapat tradisional, kita harus mencatat apa yang terjadi dalam rapat. Tuliskan poin-poin utama yang telah kita pelajari dari rapat, termasuk item tindakan apa pun. Kita juga harus saling membagikan catatan ini dengan rekan lainnya agar hasil rapat dapat dipelajari dengan sebaik-baiknya.

Berbagi catatan hasil rapat, tidak hanya memastikan semua orang memiliki catatan tentang apa yang dihasilkan dari rapat jarak jauh, tetapi juga memastikan bahwa semua pekerja jarak jauh fokus dan berada di topik pembicaraan yang sama.

Bekerja dari rumah tidak menghalangi kita mengerjakan kegiatan yang biasa kita kerjakan di kantor. Rapat adalah salah satu kegiatan penting yang harus tetap berlangsung. Walaupun tidak bertemu, dengan berkembangnya teknologi, rapat bisa dilaksanakan di mana saja. Yang terpenting adalah tetap fokus mengikuti rapat, agar rapat dapat berjalan dengan kondusif. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More