Batasan-Batasan Saat Work From Home

(Sumber Gambar : https://asset.kompas.com/crops/grekia2HJs8_Z8t9eauvCf64TZg=/21x14:1000x667/750x500/data/photo/2018/01/30/1367549173.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Sistem work from home yang dilakukan oleh berbagai perusahaan saat ini memberikan berbagai dampak kepada karyawannya. Salah satu yang terasa saat bekerja dengan sistem jarak jauh, banyak karyawan yang kehilangan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Berbeda dengan freelancer yang sudah terbiasa bekerja dengan sistem ini, karyawan yang terbiasa bekerja di kantor akan kesulitan beradaptasi.

Keseimbangan antara bekerja dan kehidupan pribadi sulit diberi batasan ketika kita bekerja di rumah. Salah satu alasannya karena tidak ada batasan waktu bekerja dan beristirahat. Sebagai karyawan yang bekerja di rumah, sangat penting bagi kita untuk membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dikutip dari Careerkarma.com, berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat batasan yang baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi rumah:

  • Tetapkan jam kerja kantor yang jelas

Meskipun kita tidak bekerja di kantor, kita tetap harus menentukan jam bekerja kita di rumah layaknya kita berada di kantor. Buatlah batasan waktu kita sendiri, kapan kita akan bekerja dan kapan kita akan selesai untuk beristirahat. Setelah pekerjaan selesai dan waktu yang ditentukan telat tiba, kita tidak harus mengerjakan pekerjaan lain. Pekerjaan lain dapat ditunda untuk hari selanjutnya.

Semakin kita terbiasa memiliki jam bekerja layaknya di kantor, semakin mudah pula bagi kita untuk membagi waktu bekerja dan kehidupan pribadi. Kita juga harus berbagi jam kantor dengan keluarga. Karena kita bekerja dari rumah, mereka mungkin merasa seolah-olah kita selalu ada. Pastikan mereka mengerti bahwa kita memang perlu bekerja pada waktu-waktu tertentu dalam sehari dan beri mereka jadwal kapan kita akan selesai bekerja.

  • Buat ruang kerja khusus

Untuk bekerja di rumah, kita harus dapat mengatur tempat khusus di mana akan bekerja setiap harinya. Banyak karyawan yang bekerja di rumah memutuskan untuk bekerja di mana saja. Sehingga banyak gangguan yang akan kita dapatkan. Jika bekerja di ruang tv, kita akan terganggu dengan suara tv dan lainnya.

Agar tetap berkonsentrasi saat bekerja, kita harus mencoba mengatur tempat khusus di rumah untuk tempat bekerja, yang berbeda dari tempat kita bersantai atau berkumpul bersama keluarga. Kita bisa memanfaatkan ruang belajar di rumah atau tempat khusus lainnya.

  • Gunakan alat peraga

Beberapa karyawan yang bekerja di rumah menggunakan objek untuk membantu kita seolah-olah kita akan bekerja di kantor. Misalnya, kita bisa mengenakan baju rapih saat bekerja. Kebiasaan itu akan menumbuhkan semangat kita dan mood kita untuk bekerja. Jika dilakukan terus menerus, kita akan selalu berpikir ada dalam waktu kerja saat memakai baju tertentu, sehingga tidak akan bersantai begitu saja walaupun bekerja di rumah.

  • Matikan notifikasi ponsel

Menjauhkan diri dari ponsel pribadi selama bekerja akan membuat pekerjaan kita cepat selesai. Kita dapat mematikan notifikasi saat jam bekerja agar tidak terganggu dengan hal-hal diluar pekerjaan. Mematikan notifikasi beberapa saat akan membantu kita, karena jika ada notifikasi, bahkan ketika notifikasi itu tidak penting, kita akan merasa tergoda untuk merespons. Tentu hal tersebut akan membuang waktu kita, sehingga pekerjaan tidak selesai tepat waktu.

Beberapa batasan di atas dapat kita terapkan saat bekerja di rumah. Salah satu hal yang perlu dimiliki untuk menjalani tips di atas adalah disiplin kita terhadap waktu. Hal ini akan membantu kita untuk tetap bekerja dengan maksimal, tanpa mengaggu istirahat dan kehidupan pribadi kita bersama keluarga. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More