Siasat Melamar Pekerjaan Yang Tidak Sesuai Gelar Pendidikan

(Sumber Gambar : https://asset.kompas.com/crops/XUkiwA6oQw0zcxniY9dP4jrbJv4=/0x71:874x654/750x500/data/photo/2019/05/09/3245765692.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Salah satu permasalahan yang kita dapatkan saat mencari pekerjaan adalah ketidaksesuaian antara pekerjaan yang kita inginkan dengan gelar pendidikan yang kita miliki. Apalagi banyak orang yang merasa salah jurusan saat kuliah dan ingin mencari pekerjaan sesuai passionnya, yang tentu diluar keilmuan yang dipelajari selama di kampus.

Persyaratan pendidikan ini seringkali menutup kesempatan beberapa orang yang sebenarnya memampu mengisi posisi tersebut, tetapi tidak memiliki latar belakang pendidikan seperti yang dipersyaratkan. Beberapa perusahaan memilih untuk mencari karyawan sesuai dengan latar belakang pendidikan karena calon karyawan dianggap siap dan memiliki standar ilmu yang dibutuhkan.

Padahal beberapa bidang karir tidak melulu harus diisi oleh seseorang sesuai dengan bidang pendidikannya. Dikutip dari Monster.ca, Daniel Bortz memberikan beberapa trik yang dapat kita ikuti, untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan pendidikan kita saat kuliah.

  1. Tunjukan kelayakan

Jika kita merasa menemukan pekerjaan impian tetapi terhalang persyaratan pendidikan, kita dapat menonjolkan beberapa hal yang dianggap penting dan mendukung. Apalagi jika pekerjaan tersebut merupakan passion kita yang sudah kita tekuni sejak lama di sela-sela kuliah dahulu. Tunjukan keterampilan, pengalaman dan keinginan yang kuat kepada perusahaan, bahwa kita layak mengisi posisi tersebut.

Beberapa kasus lowongan pekerjaan, prestasi kita dalam suatu bidang lebih penting dibandingkan dengan latar belakang pendidikan. Apalagi saat berkuliah, kita dapat memilih organisasi yang beragam. Di sini kesempatan kita mencari pengalaman dan meraih prestasi yang setinggi-tingginya.

2.Cara mengisi resume

Jika kita memiliki gelar sarjana yang tidak terkait dengan lowongan pekerjaan, kita tetap harus mencantumkan gelar kita dalam resume. Sebagai tambahan, kita pun menuliskan deretan prestasi yang pernah kita raih. Selain itu, tuliskan pula pengalaman organisasi yang sesuai dengan bidang perusahaan yang dilamar.

Agar lebih menarik, cantumkan pula pelatihan dan seminar yang pernah ikuti yang berkaitan dengan posisi tersebut. Jangan lupa untuk melampirkan sertifikat-sertifikat professional yang dimiliki dan contoh hasil karya jika dibutuhkan.

3.Terhubung dengan karyawan di dalam

Mendapatkan referensi dari seorang karyawan di perusahaan dapat memberi kita kesempatan untuk wawancara kerja. Mulailah dengan mencari tahu beberapa kenalan atau jaringan kita yang menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Kita pun bisa mencari tahu jejak alumni perguruan tinggi yang bekerja di perusahaan impian kita, lalu minta bantuan untuk memberikan rekomendasi. Tentu kita pun harus menunjukan kemampuan yang kita miliki agar tidak mengecewakan jejaring kita di sana.

Beberapa tips di atas dapat kita coba jalani untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan. Hanya karena kita tidak memiliki gelar bukan berarti kita tidak cocok untuk suatu pekerjaan. Yang perlu kita lakukan adalah meyakinkan perusahaan dengan kemampuan yang kita miliki. Walaupun begitu, kini banyak juga perusahaan yang tidak melihat latar belakang pendidikan calon karyawan, yang terpenting adalah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More