Persiapan Penting Hadapi Wawancara Melalui Video

(Sumber Gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/magazine.job-like.com/magazine/wp-content/uploads/2017/10/24041741/video-interview.jpg) 

Bandung, ITB Career CenterAda berbagai jenis tahapan rekrutmen yang dipilih oleh perusahaan. Salah satu tahapan rekrutmen yang mulai banyak dilakukan di era teknologi adalah wawacara menggunakan video atau videocall. Videocall untuk wawancara mungkin terlihat mudah, kita tidak terlalu gugup karena tidak bertemu langsung dengan pewawancara. Tetapi wawancara melalui video ini akan memberikan tantangan baru bagi kita.

Untuk kita yang tidak terbiasa berbicara di depan kamera, kita akan merasa kaku dan kesulitan dalam wawancara. Sehingga, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika kita ingin melakukan video wawancara yang baik. Untuk itu kita harus memperhatikan beberapa hal seperti konten, pengaturan kamera, dan koneksi internet. Dikutip dari Vidyard.com berikut adalah beberapa kiat membuat video wawancara yang baik.

  • Pilih tempat yang tepat.

Tips yang dapat dipertimbangkan adalah memilih latar belakang video yang tepat. Selain mempersiapkan diri dengan baik, jangan lupa untuk memilih tempat yang tepat untuk melakukan wawancara video. Latar belakang dan lokasi yang tepat dapat mempengaruhi video wawancara kita. Pilih tempat yang cukup terang, bersih, rapih dan tenang. Dengan menemukan tempat yang tepat, kita akan dinilai serius dalam persiapan menghadapi video wawancara.

  • Uji suara kita

Apakah kita menggunakan mikrofon atau USB mic untuk wawancara jarak jauh, pastikan untuk menguji suara sebelumnya. Bawalah beberapa headphone untuk mengisolasi suara yang direkam dari suara menggangu di sekitar kita. Berhati-hatilah saat kita meletakan mic pada baju, jangan sampai terdengar suara lain seperti gesekan baju, nafas kita, atau suara lain yang menggangu. Wawancara menggunakan video bergantung kepada jawaban yang kita sampikan melalui suara di video, maka sangat penting memperhatikan suara sebelum memulai wawancara. Tujuannya untuk menghindari masalah teknis.

  • Siapkan jawaban untuk pertanyaan mendasar

Tujuan dalam berkarir di perusahaan adalah salah satu pertanyaan mendasar yang akan ditanyakan oleh pewawancara. Kita pun harus memiliki tujuan dan menjelaskan tujuan tersebut dengan baik dan benar kepada pewawancara. Tentukan tujuan yang ingin kita capai saat berkarir di perusahaan yang kita pilih. Jelaskan tujuan secara sederhana dan mudah dipahami. Bahas pula bidang yang sedang kita pilih dan hubungkan dengan tujuan berkarir yang kita miliki.

  • Catat jadwal wawancara

Mencatat jadwal wawancara melalui video membantu kita mengingat dan mempersiapkan diri sebelumnya. Banyak orang yang lupa dengan jadwal wawancara melalui video, sehingga tidak ada di tempat yang tepat, sedang berada di luar ruangan misalnya. Tentu hal ini akan menganggu kita saat wawancara. Maka, jangan lupakan jadwal wawancara, dan persiapkan diri dengan baik satu jam sebelum wawancara dimulai.

Melakukan wawancara melalui video menjadi pilihan untuk meminimalisir waktu rekrutmen dan jarak yang jauh antara pelamar dan pewawancara. Sama halnya dengan wawancara secara langsung, wawancara melalui video harus dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Tetap berpenampilan rapih dan menjawab pertanyaan dengan baik adalah kunci keberhasilan wawancara saat rekrutmen. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More