Pentingnya Personal Branding

(Sumber Gambar : https://i0.wp.com/www.ideaimaji.com/blog/wp-content/uploads/2017/11/personal-branding.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Sebagian dari kita berpikir, mempromosikan diri hanya kita lakukan pada acara terrtentu, seperti wawancara kerja. Padahal, dalam kenyataanya kita dapat mempromosikan diri kita dalam setiap kesempatan yang kita miliki. Kita dapat meninggalkan kesan tentang diri kita sendiri kepada orang lain kapanpun dan dimanapun.

Menciptakan citra yang kuat tentang diri kita kepada orang lain sangat penting untuk membangun hubungan profesional dan menemukan peluang-peluang baru. Citra diri ini dapat disebut juga dalam strategi personal branding. Dikutip dari Bcfcareer.nl, berikut alasan mengapa penting untuk kita melakukan personal branding dan cara mulai membangunnya.

  • Mengapa kita harus menonjol

Pernahkah kita memperhatikan bagaimana kita mengingat seseorang lebih jelas daripada orang lain? Atau saat ketika ada orang tertentu yang langsung kita pikirkan jika melihat suatu karya? Hal tersebut adalah pengaruh dari personal branding. Dengan meninggalkan kesan kuat dan menonjol dibandingkan orang lain, kita akan terus diingat. Jika kita ahli dalam bidang fotografi, kita bisa menonjolkan kemampuan kita dengan strategi personal branding yang baik, sehingga jika ada sesuatu yang berhubungan dengan fotografi, kita adalah orang pertama yang diingat orang lain. Lain halnya jika kita hanya memiliki kemampuan tanpa melakukan personal branding, tentu kita akan tertinggal dengan professional-profesional lainnya di bidang fotografi.

Memiliki keterampilan dan pengetahuan yang hebat tidak akan banyak membantu jika orang tidak tahu tentang kita. Menciptakan citra diri sendiri yang berbeda dengan orang lain dapat kita bentuk dan sesuaikan berdasarkan pengalaman dan minat kita yang terus berkembang.

  • Punya pesan yang jelas

Sebelum kita mempromosikan siapa diri kita kepada orang lain, kita perlu mempertegas dan perlu mengetahui diri sendiri terlebih dahulu. Untuk itu kita harus mengetahui diri kita dengan lebih dalam sebelum mempromosikan diri kita kepada orang lain. Mempromosikan diri bukan sekedar menyebarkan informasi yang dangkal seperti asal sekolah kita, jabatan kita dan lainnya. Yang terpenting adalah mengetahui kelebihan dan unik yang kita miliki, yang tidak dimiliki orang lain.

Setelah mengetahui hal tersebut, kita pun dapat mengekspresikannya dengan ringkas dan jelas. Coba perhatikan aspek mana yang menarik perhatian orang lain dan sesuai dengan profesi kita, sampai kita menemukan sesuatu tersebut secara akurat mewakili kita dan menghubungkan kita dengan orang lain.

  • Investasikan reputasi kita      

Menciptakan reputasi yang baik tentu membutuhkan waktu lama. Namun membangun citra pribadi ini merupakan investasi jangka panjang yang membutuhkan upaya dan kesabaran yang konsisten. Untuk membangun personal branding yang baik, kita harus rajin dan menjadi ahli di bidang tertentu. Jika kita konsisten berusaha untuk mencapai hasil yang baik, keahlian kita akan diketahui dan diterima orang lian seiring waktu.

Pesan utama yang penting dalam membangun personal branding adalah bekerja keras dan menjadi yang terbaik pada apa yang kita lakukan. Karena keahlian saja tidak cukup untuk membangun karier yang sukses, maka personal branding hadir untuk membantu kita mempromosikan diri. Dengan membangun personal branding, keahlian kita akan dikenal banyak orang, dan tentu kita akan dilibatkan untuk mengerjakan banyak pekerjaan. Dengan begitu, kesuksesan karir akan mudah kita gapai. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More