Ikuti Perkembangan Dunia Industri Kreatif dengan Terus Belajar

(Sumber Gambar : https://1.bp.blogspot.com/-Lsd0Y3cI6xo/WKZJzvIO5ZI/AAAAAAAADTA/f2JIGUP97jorJNpn-jS4dhVbB5KhNn-mQCLcB/s1600/pendidikan-tenaga-kerja-dan-era-ekonomi-kreatif-ideapers.com.jpg)

Bandung, ITB Career Center- Dalam industri kreatif, semuanya hal berubah dengan cepat. Keterampilan, teknologi, tren, semua berubah-ubah dengan cepat setiap harinya. Untuk kita yang berkecimpung di dunia industri kreatif, kita harus memastikan keterampilan dan pengetahuan yang kita miliki selalu mengikuti perubahan yang ada. Akan tetapi, bagaimana kita cara kita mengikuti perkembangan tersebut?

Dikutip dari Robethalf.com, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk tetap mengikuti perkembangan yang ada. Apalagi kini, tahun 2020 menjadi tahun perkembangan teknologi yang begitu pesat dan cepat. Agar tidak tertinggal, ada beberapa kiat pengembangan karir yang membuat kita tetap unggul.

  • Cari tahu apa yang kita sukai

Meskipun bukan nasihat karir yang inovatif, tetapi mencari tahu apa yang kita sukai adalah hal yang penting. Dengan mengetahui bidang apa yang kita sukai, kita akan mengetahui kelemahan-kelemahan yang dimiliki untuk menjadi professional dalam bidang tersebut. Kita dapat mendidentifikasi keterampilan yang kita miliki dan apa kelemahan kita yang harus kita kembangkan. Tentu akan mudah mengidentifikasinya jika kita menyukai bidang tersebut.

  • Pelajari sesuatu yang baru setiap hari

Selain menjadi lebih baik dengan apa yang kita sukai, penting untuk memahami hal-hal yang tidak kita sukai. Mungkin saja kita tidak menyukainya karena kita belum tahu hal tersebut. Misalnya, jika kita seorang penulis konten web dan tidak memahami aturan penggelolaan website karena kita hanya membuat konten web tersebut, maka pelajarilah.

Dengan mempelajari pengelolaan website, kita akan memiliki nilai plus di mata klien. Jadi selain menulis konten, kita mengerti pula pengelolaan websitenya. Kita dapat belajar sesuatu yang baru setiap harinya dengan mencari informasi tentang apapun di manapun. Intinya adalah jika kita ingin maju dalam karir, kita harus terus belajar, beradaptasi, dan meningkat keterampilan.

  • Belajar dari teman satu profesi

Kita tidak harus mencari ilmu melalui sekolah formal, salah satu mendapatkan hal-hal baru adalah dari professional itu sendiri. Kita dapat mendapatkan wawasan baru dengan berkumpul dan berdiskusi dengan teman-teman kita yang satu profesi. Tentu orang-orang tersebut bisa dikatakan professional karena memiliki pengalaman dalam bidangnya.

Selain mendapatkan ide-ide baru dan informasi baru, kita pun dapat ikut berkolaborasi dengan teman. Begitulah cara beberapa perusahaan besar mengembangkan perusahaannya, yaitu dengan bertemu teman satu profesi, berbagi ilmu dan memulai usaha bersama.

  • Bepergian ke tempat baru

Berkunjung ke tempat baru, bertemu dengan orang-orang baru dan belajar kebudayaan baru akan memberikan kita ide-ide baru. Berkarir di industri kreatif membuat kita harus terus memiliki ide kreatif, dengan berkunjung ke tempat baru, ide-ide kreatif baru akan muncul. Di sini juga kita akan banyak belajar apa yang sebelumnya kita tidak tahu, bahkan teknologi baru yang tidak ada di tempat asal kita. Eksplorasi apa pun dapat membantu pengembangan karier kita di industri kreatif.

Beberapa hal di atas dapat kita terapkan dalam berkarir untuk terus berkembang. Intinya adalah terus berusaha menjadi yang terbaik dengan terus belajar. Belajar apapun dan dengan siapapun adalah cara ampuh untuk meningkatkan karir di industri kreatif. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More