Jawaban Tepat Alasan Kita Memilih Perusahaan Untuk Berkarir

(Sumber Gambar : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/5le7osNaDFDy8leIyDxlDKnaih4=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2755834/original/065000900_1553051264-shutterstock_380411458.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Wawancara adalah tahapan rekrutmen yang harus dipersiapkan dengan baik. Pasalnya kita bertatap muka langsung dengan pewawancara yang merupakan orang perusahaan langsung. Jawaban yang kita kemukakan akan dinilai dan menjadi pertimbanganan diterima atau tidaknya kita di perusahaan tersebut.

Ada beberapa pertanyaan yang biasa diajukan oleh pewawancara. Salah satu pertanyaan yang pasti ditanyakan adalah alasan kita memilih perusahaan tersebut untuk berkarir. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan memperlihatkan seberapa jauh kita mengenal perusahaan dan menginginkan bekerja di perusahaan.

Untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang dapat kita persiapkan. Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari untuk wawancara kerja, terutama untuk menjawab pertanyaan alasan kita memilih perusahaan.

  • Cari informasi perusahaan

Untuk mengetahui alasan memilih perusahaan, kita harus kenal lebih jauh dengan perusahan itu sendiri. Kita dapat mengumpulkan informasi mendalam mengenai perusahaan. Mulailah dengan memeriksa situs web perusahaan, terutama bagian informasi perusahaan dan informasi karir perusahaan.

Kenali produk atau layanan, pelanggan, dan segala pencapaian atau penghargaan penting yang telah diterima perusahaan. Jika perusahaan memiliki blog, luangkan waktu untuk membaca beberapa artikel dan perhatikan suara merek, topik yang dibahas dan tema umum.

  • Tinjau akun media sosial perusahaan

Perhatikan baik-baik apa yang disebarkan oleh perusahaan di akun media sosial mereka, terutama berita industri yang relevan dan komentar atau umpan balik pelanggan. Jangan lupa mencari foto, video atau apapun yang berhubungan dengan perusahaan. Setiap kali menemukan informasi yang menarik, atau relevan dengan tujuan karier kita, buat catatan dan jadikan referensi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara.

  • Pelajari deskripsi pekerjaan

Selain memiliki pengetahuan tentang perusahaan, pewawancara juga ingin memastikan kita memahami posisi yang kita lamar serta semua tugas yang dikerjakan nanti. Sebaiknya sebelum kita melamar, luangkan waktu untuk mempelajari deskripsi perusahaan, terutama informasi tentang apa yang membuat perusahaan tempat yang bagus untuk bekerja dan tanggung jawab pekerjaan tertentu. Kita pun dapat mencari informasi umum tentang pekerjaan yang biasa dikerjakan di posisi tersebut.

  • Buatlah daftar hal favorit tentang perusahaan

Setelah menemukan informasi mendalam tentang perusahaan, kita dapat membuat daftar tujuan karier. Saat menanggapi pewawancara, sebutkan pencapaian kerja yang sesuai dengan tujuan karir kita dan sorot tugas yang dapat kita kerjakan dengan keterampilan yang kita miliki. Cari hal yang kita sukai dari karir kita di perusahaan tersebut. Hal ini akan menunjukan ketertarikan kita kepada perusahaan.

Salah satu alasan perusahaan mengajukan pertanyaan ini adalah untuk menentukan seberapa banyak kita mencari informasi tentang perusahaan. Calon yang tertarik dan bersemangat tidak hanya kenal perusahaan, tetapi mereka juga menjelajahi latar belakang, sejarah, hingga misi perusahaan. Maka kenali perusahaan secara mendalam, agar jawaban dari pertanyaan “alasan memilih perusahaan” dapat terjawab dengan baik. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More