Ruangguru Management Associate Program (MAP) Batch 2, Penuh Tantangan Untuk Jadi Pemimpin Bertalenta

Suasana acara Ruangguru Goes To Campus, yang dilaksanakan di Aula Timur ITB, Jalan Ganesha No.10, Kota Bandung pada Rabu (26/2/2020). (Dok. ITB Career Center/Mar)

Bandung, ITB Career Center – Salah satu layanan pendidikan berbasis teknologi, Ruangguru, sedang gencar-gencarnya mengembangkan bisnis. Tidak hanya memfasilitasi para siswa dan guru di pendidikan formal SD hingga SMA, Ruangguru telah berevolusi untuk membantu Pendidikan semua orang, dengan visi lifelong learning. Artinya Ruangguru memfasilitasi semua orang dalam bidang pendidikan.

Hal ini disampaikan oleh VP Business and Operations Ruangguru, Ritchie Goenawan pada acara Ruangguru Goes To Campus, yang dilaksanakan di Aula Timur ITB, Jalan Ganesha No.10, Kota Bandung pada Rabu (26/2/2020). Menurutnya, Ruangguru merupakan layanan Pendidikan berbasis teknologi nomor satu. Tidak hanya bimbel online, kini kita dapat menemukan Ruangguru offline di beberapa kota di Indonesia. Bahkan Ruangguru kini hadir di luar negeri.

“Kita di Asia Tenggara sudah menjadi perusahaan Startup dalam bidang education technology nomor satu. Kita paling besar di Asia Tenggara, tidak hanya di Indonesia,’ ujarnya.

Melihat pesatnya perkembangan Ruangguru, Ritchie mengatakan, Ruangguru membutuhkan banyak tenaga kreatif dan dinamis yang dapat mengikuti perkembangan bisnis Ruangguru yang begitu pesat. Selain itu, dibutuhkan juga leader handal yang mampu membawa Ruangguru lebih berkembang lagi di masa depan. Untuk mencari leader terbaik, Ruangguru membuka Ruangguru Management Associate Program (MAP) Batch 2.

“Ini adalah bisnis yang spesial. Dengan pertumbuhan yang sangat cepat, maka kita membutuhkan banyak tenaga juga. Program ini sudah ada sejak tahun lalu, ini adalah batch 2. Tahun lalu yang mendaftar sekitar 2000 dan kami hanya menerima emapt peserta,” ujar Ritchie.

Tujuan dari program ini adalah mempersiapkan para pemimpin di Ruangguru. Selama dua tahun para peserta program akan diberikan pelatihan mengenai berbagai hal dan akan diberikan project di berbagai divisi. Rotasi divisi yang didapat akan memberikan peserta pengetahuan diberbagai bidang, karena seorang pemimpin dituntut untuk menguasai banyak hal.

Selain itu, jenjang karir yang diberikan untuk peserta program berbeda dengan karyawan biasa. Nantinya peserta akan memiliki jenjang karir lebih cepat. Walaupun program yang dijalani akan cukup berat dan menantang, tetapi peserta akan mendapatkan akselerasi karir di Ruangguru.

“Intinya adalah ini program ini membuat pesertanya berakselerasi dalam karir selama dua tahun, berbeda dengan karyawan biasa. Selama dua tahun dengan program ini jenjang karir lebih cepat,” jelasnya.

Ruangguru Management Associate Program (MAP) Batch 2 berfokus pada para fresh graduate atau kepada lulusan yang memiliki pengalaman bekerja kurang dari dua tahun. Program ini tidak melihat peserta dari latar belakang jurusan selama kuliah, yang terpenting calon peserta murpakan mahasiswa yang aktif berkegiatan di dalam maupun di luar kampus.

Ada 10 divisi yang nantinya akan diisi oleh para peserta, mulai dari Produk, Desain Produk, Pemasaran, Konten, Pengembangan Bisnis, Ekspansi, Sales, Impact / Ruangguru Foundation, Keuangan & Strategi, dan Sumber Daya Manusia.

“Kita tidak terlalu melihat jurusan apa, tetapi kita melihat apa yang dia telah lakukan saat kuliah. Proses rekrutmennya pun simple sebenarnya. Yang penting dia percaya kepada perusahaan dan memiliki tujuan saat mengikuti program. Dia pun aktif berkegiatan di kampus. Itu cukup bagus bagi kita,” jelasnya.

Proses rekrutmen terdiri dari mengisi aplikasi online, digital interview dengan HR, Online reasoning test, dan mengikuti Super Challenge Day di Ruangguru Jakarta. Jika lulus, peserta akan mendapatkan job offer. Informasi mengenai Ruangguru Management Associate Program (MAP) Batch 2 dan pendaftaran, dapat dilihat di https://map.ruangguru.com/. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More