Berkarir Sebagai Seorang YouTuber

(Sumber Gambar : https://www.newsth.com/wp-content/uploads/2019/07/youtube-1.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak profesi yang baru yang dapat kita pilih untuk berkarir. Profesi yang muncul diantaranya memanfaatkan teknologi, salah satunya, yang mulai banyak diminati adalah berkarir sebagai seorang Youtuber.

YouTube adalah sebuah platform yang memberikan kesempatan kepada siapapun untuk mempublikasikan karya berupa video kepada masyarakat luas. YouTube r merupakan sebutan bagi seseorang atau sekelompok orang yang secara kreatif membuat dan mempublikasikan video melalui YouTube.

YouTube secara bertahap berkembang menjadi platform untuk membangun karier sukses, menarik dan kreatif. Video yang dipublikasi tersebut, akan menghasilkan imbalan berupa uang, sesuai dengan beberapa ketentuan, diantaranya adalah jumlah penonton video tersebut.

Seperti yang dikutip dari Indiatoday.in, CEO Mindler, Prateek Bhargava memberikan beberapa kiat yang dapat kita pelajari jika tertarik menjadi seorang Youtuber. Berikut adalah beberapa langkah tepat berkarir menjadi seorang Youtuber.

  • Memilih arah dan tema yang benar

Sebelum membuat konten, penting untuk memutuskan genre tertentu untuk saluran YouTube yang kita punya. Memiliki spesifikasi genre artinya kita mengetahui sasaran penonton kita seperti apa dan hal ini akan menarik penonton lebih banyak. Beberapa tema terkenal diantaranya kecantikan, mode, perjalanan, dan lainnya.

  • Buat konten unik

Persaingan sebagai Youtuber sangatlah kuat. Dengan adanya jutaan video di Youtube, kita harus extra dalam membuat video agar dilihat oleh penonton. Kunci adalah membuat konten dengan aura unik yang kita miliki. Cobalah untuk menambahkan sentuhan pribadi sehingga audiens dapat mengidentifikasi dan memahami ide-ide yang kita miliki. Munculkan beberapa hal yang membedakan karya kita dengan karya orang lain.

  • Utamakan Kualitas

Dalam membuat video, ide-ide yang kita miliki akan kita wujudkan dalam bentuk video. Agar ide tersampaikan dengan baik maka kita harus menjaga kualitas video. Termasuk di dalamnya kejernihan gambar, suara yang jernih, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, mengingat karya yang ditampilkan adalah berupa video. Bagi seseorang yang bertekad untuk berkarir di YouTube, peralatan yang lengkap dan bagus adalah sebuah investasi.

  • Pelajari beberapa hal

Untuk membuat video yang baik, selain kamera, kita harus memiliki kemampuan untuk membuat dan mengolah video. Tidak hanya itu, kita harus pelajari trik pencahayaan, lampu, kamera, sudut pengambilan gambar, editing dan pembuatan film yang baik. Beberapa hal tersebut akan membantu kita dalam meningkatkan keunggulan video.

Pengetahuan dasar tentang fotografi, pembuatan film, dan pengeditan akan sangat membantu kita. Untuk mempelajarinya kita dapat mengikuti kursus jangka pendek dalam bidang fotografi dan pembuatan film.

Saluran YouTube yang kita buat adalah cermin diri, hal itu mencerminkan kreativitas dan kepribadian kita. Untuk menarik banyak penonton, jadilah diri sendiri dengan kreativitas kita sendiri. Seperti yang dikatakan Prateek Bhargava, untuk mulai berkarir menjadi Youtuber, kita perlu memiliki ketekunan, kesabaran, banyak antusiasme, dan pengembangan konten secara bertahap. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More