Bekerja di Jepang, Ubah Tantangan Menjadi Keuntungan

Bandung, ITB Career Center – Negara Jepang memberikan kesempatan bagi tenaga kerja asing untuk berkarir di Jepang. Namun, ada beberapa tantangan bagi kita yang ingin bekerja di Jepang. President Director Eight Global HR, Saito Hirohisa menjelaskan ada beberapa tantangan yang akan kita hadapi, tetapi tantangan itu dapat menjadi keuntungan jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik.

Saito mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Tetapi, banyak perusahaan Jepang yang belum mengetahui Indonesia. Bekerja di Jepang pun akan membantu kita memperkenalkan Indonesia kepada negara lain.

“Banyak perusahan Jepang yang belum mengetahui indonesia. Ini adalah salah satu cara kita promosi Indonesia yang sebenarmya memiliki sumber daya yang memumpuni, mampu berbahasa Inggris dengan baik, memiliki kemampuan yang baik dan lainnya,” ujarnya.

Tantangan yang akan dihadapi kita yang ingin bekerja di Jepang diantaranya bahasa, gaya bekerja dan etika bekerja, gaya hidup, perencanaan keluarga, dan homesick. Hal ini disampaikan Saito saat menjadi pembicara dalam acara Kuliah Umum dan Rekrutmen bekerja di Jepang yang dilaksanakan di Ruang 9211, GKU Timur, ITB, Kota Bandung, pada Selasa (11/2/2020).

Tantangan yang pertama kali dihadapi adalah Bahasa Jepang, memiliki kemampuan berbahasa Jepang memberikan keuntungan bagi kita. Walaupun Bahasa Inggris digunakan di sana, akan tetapi seseorang yang menguasai Bahasa Jepang akan mudah berinteraksi dengan baik.

Tantangan lainnya adalah gaya bekerja dan etika bekerja. Orang Jepang dikenal sebagai pekerja keras dan memiliki sifat disipilin. Hal ini mungkin yang berbeda dengan negara lain. Kita pun mungkin membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Jika dapat mengikuti, kita akan berkarir dengan baik.

“Biasanya pukul 10 malam masih ada di kantor untuk lembur. Walaupun sekarang sudah ada peraturan dari pemerintah yang mengatur hal itu, terkadang ada beberapa masa kita harus bekerja hingga larut malam. Tetapi ini tidak dilakukan setiap hari,” jelasnya.

Saito menjelaskan, walaupun banyak tantangan yang dihadapi, kita dapat mencari celah positif dan kelebihannya untuk mendapatkan keuntungan. Tantangan harus dihadapi dan ditaklukan satu persatu. Untuk menaklukan tantangan tersebut, kita pun harus berani pergi ke Jepang.

“Kita harus pergi supaya tahu keadaannya. Dengan kita berani pergi ke Jepang, kita akan dapat mengetahui tantangannya,” ujar Saito.



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More