Persiapan Diri Sebelum Menjalankan Promosi di Pekerjaan

(Sumber Gambar : https://www.indoworx.com/file/2017/05/promotion-01-768x460.png)

Bandung, ITB Career Center – Mendapatkan promosi dan naik jabatan adalah impian banyak orang. Mendapatkan promosi artinya kita dinilai mampu dan diberikan kesempatan oleh perusahaan untuk menjalankan tanggung jawab yang lebih besar. Jika kita mendapatkan kesempatan tersebut, kita harus mulai mempersiapkan diri.

Dikutip dari Moster.com, ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan untuk menghadapi promosi tersebut. Apalagi jika kita diangkat menjadi seorang pemimpin, seperti manager. CEO dan salah satu pendiri perusahaan pelatihan eksekutif BigBlueGumball, Todd Cherches mengatakan orang tidak dilahirkan dengan keterampilan manajemen dan kepemimpinan, maka kita harus mempelajari. Berikut beberapa hal yang harus dipelajari.

  • Ketahui kekuatan dan kelemahan diri

Hal pertama yang harus dipelajari adalah mempelajari kelemahan dan kelebihan diri. Ketahui kelemahan-kelemahan diri dan cari cara untuk mengantisipasi hal tersebut. Setelah itu, pahami kekuatan yang kita miliki. Kekuatan ini dapat mendukung kita menjadi lebih baik. Selalu asah kekuatan dalam diri dan coba meminimalisir kekurangan yang akan menghambat kita.

Darcy Eikenberg, seorang eksekutif dan kepemimpinan Pelatih di Florida Barat mengatakan kita akan maju jika kita blind spot dalam diri. Artinya kita tahu bagaimana membangun kemampuan, bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, dan hal-hal lainnya. Jika kita tidak mengenal diri sendiri, maka sulit bagi kita untuk maju dalam karir. Salah satu cara mengenal diri adalah dengan meminta pendapat orang mengenai diri kita, baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

  • Pintar dalam mengambil keputusan

Menjadi seorang manager, kita adalah seseorang yang mengambil keputusan. Keputusan harus dipertimbangkan secara matang agar tidak merugikan orang lain. Kita dapat belajar untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dengan pengetahuan dan informasi. Sebelum mengambil keputusan, pelajari permasalahan tersebut. Carilah informasi dan analisis permasalahan.

  • Komunikasi yang baik

Sebagai orang yang memimpin sekelompok karyawan, kita harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kita harus mampu mengkomunikasikan pekerjaan, arahan, deadline pekerjaan, hingga prioritas pekerjaan kepada bawahan. Kita pun harus pandai menyampikan ide agar dipahami oleh semua orang. Selain menyampaikan pikiran, kita pun harus bisa menjadi pendengar yang baik. Kita pastikan karyawan memahami apa yang kita sampaikan dengan bertanya dan mendengarkan pikiran mereka.

Mendapatkan jabatan baru akan mempertemukan kita dengan tantangan baru. Tidak hanya kepada bawahan, tetapi kita harus dapat berinteraksi dengan baik dengan pemimpin kita. Jangan lupa untuk selalu update informasi mengenai permasalahan di kantor dan tampung kritikan membangun dari siapapun agar menjadi pemimpin yang baik. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips