Cara Menyikapi Kebijakan Perusahaan yang Merugikan Karyawan

(Sumber Gambar : https://i0.wp.com/entrepreneurcamp.id/wp-content/uploads/2019/05/cara-menghadapi-karyawan-yang-sering-berulah-di-kantor.jpeg)

Bandung, ITB Career Center - Akan ada saatnya perusahaan tempat kita bekerja mengalami kemunduran. Apalagi bagi perusahaan swasta, ini akan mempengaruhi keuangan kantor dan tentu berimbas kepada karyawan. Beberapa orang mengalami momen pengurangan gaji karena perusahaan yang tidak stabil. Banyak pula yang harus diberhentikan dari pekerjaan karena perusahaan tidak memiliki uang untuk membayar karyawan.

Jika kita menjadi salah satu karyawan yang tidak beruntung tersebut, tetaplah bersikap tenang. Pengurangan gaji bukan akhir dari karir. Walaupun pengurangan gaji cuup menggangu, tetapi masih ada yang dapat kita lakukan.

Dikutip dari Moster.com, kita memang tidak berdaya untuk melawan kebijakan perusahaan, tetapi ada beberapa hal yang dapat kita lakukan demi keberlanjutan karir kita di perusahaan tersebut. Berikut hal yang dapat kita lakukan.

  • Jangan takut untuk bernegosiasi

Masalah pengurangan gaji karyawan tentu meresahkan banyak orang. Perusahaan pun tahu bahwa keputusan ini akan membuat karyawan tidak nyaman. Bahkan mungkin sebagian karyawan akan mencoba mencari perusahaan lain dari pada terus bertahan. Jika kita ingin tetap bertahan di perusahaan ini, kita mungkin dapat mendiskusikan beberapa hal dengan perusahaan.

Kita dapat bertanya apa saja kebijakan yang berubah, seberapa jauh kebijakan tersebut merugikan kita dan kebijakan lainnya yang dapat menguntungkan karyawan. Kita harus mempertimbahkan kebijakan-kebijakan yang ada. Kita dapat meminta waktu untuk mempertimbangkan keberlanjutan berkarir di perusahaan tersebut, jika dirasa kebijakan yang ada lebih banyak merugikan kita.

  • Pertanyakan kontrak bekerja

Jika ada kebijakan baru di perusahan, apalagi kebijakan tersebut dapat mempengaruhi hak dan kewajiban perusahaan, maka penting bagi kita melakukan negosiasi mengenai kontrak bekerja. Kita perlu bertanya kembali kontrak bekerja terutama mengenai pembayaran. Jika dirasa kontrak tidak sesuai dengan semestinya, maka kita bisa meminta waktu mempertimbangkan lanjut tidaknya kita di perusahaan.

Jika pembayaran diperkirakan tidak sesuai dengan standar kita, kita pun bisa mengajukan bekerja lepas. Kita dapat bertanya apakah kita dapat bekerja dari rumah satu atau dua hari seminggu, atau apakah kita dapat bekerja empat hari 10 jam dan mengambil libur Jumat. Mungkin kita bisa mengurangi jam kerja dan disesuaikan dengan pembayaran.

  • Apakah ini isyarat untuk pergi

Tidak ada yang memaksakan kita harus menerima pemotongan gaji dan tetap bekerja untuk perusahaan ini. Jika kita tidak bahagia, dan jika kita berpikir untuk pindah ke tempat lain, kebijakan ini bisa kita jadikan alasan untuk pengunduran diri kepada perusahaan. Kita dapat mulai mencari pekerjaan di tempat lain. Tapi ingat, jangan mengundurkan diri sebelum kita mendapatkan pekerjaan baru.

Beberapa kebijakan baru di perusahaan memang dapat mengubah semua hal. Salah satunya kebijakan perusahan untuk pengurangan gaji. Hal tersebut dapat merugikan banyak pihak. Tetapi, jangan sampai hal ini mengganggu karir kita. Kita dapat melakukan beberapa hal di atas untuk merespon kebijakan tersebut. Yang terpenting ada tetap tenang dan pintar melakukan negosiasi. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More