Taklukan Ketakutan Untuk Dapatkan Karir Cemerlang

(Sumber Gambar : https://studilmu.imgix.net/blogs/1539922744_5caramengatasirasatakut.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Menghadapi dunia pekerjaan bagi pemula mungkin suatu yang menyenangkan. Kita akan bersemangat mempelajari keterampilan baru, memperluas relasi pribadi dan profesional, hingga mengumpulkan pengalaman baru yang tidak kita dapatkan di bangku kuliah. Tetapi, saat kita mulai menghadapi permasalahan dan perubahan di tempat kerja, mungkin kita akan merasa takut.

Hal menakutkan pertama adalah pada proses pencarian kerja. Beberapa ketakutan yang muncul adalah pada saat proses rekrutmen. Dikutip dari Moster.com, menurut penelitian yang dikeluarkan Rakasa 2018, mayoritas (38%) dari responden AS mengatakan mereka paling takut untuk diwawancarai saat proses rekrutmen, sementara 33% mereka takut resume mereka akan “masuk ke lubang hitam di internet ”saat melamar pekerjaan. Ketakutan lain datang menjelang akhir proses rekrutmen kerja, yang meliputi negosiasi gaji (16%) dan ditolak untuk tawaran kerja (13%).

Walaupun menakutkan, hal tersebut harus dihadapi. Jangan sampai hal ini menghancurkan karir yang bahkan belum kita jalani. Jika kita merasa kesulitan untuk mulai mencari pekerjaan, mungkin ini saatnya untuk menghadapi ketakutan. Berikut adalah beberapa ketakutan seseorang menghadapi pekerjaan, baik untuk pemula atau tidak, yang harus coba kita atasi.

  • Ketakutan mencari pekerjaan baru

Ketakutan saat mencari pekerjaan baru adalah pekerjaan baru itu tidak sebaik pekerjaan lama. Kesetiaan dan kenyaman kita pada pekerjaan lama mungkin merupakan hal baik, tetapi jika ada peluang baru, kita harus mencoba. Yakinkan diri dengan mengetahui dan mulai mengukur kemampuan diri.

Caroline Beaton, seorang pakar karier milenium kununu dan seorang penulis di Denver, menggunakan studi psikologis untuk memahami kaum milenium di tempat kerja. Ia menyarankan, para pekerja untuk mengenal diri sendiri sebelum membuat keputusan tentang pekerjaan.

  • Khawatir membenci pekerjaan baru

Takut membenci pekerjaan baru adalah ketakutan yang akan dihadapi semua orang. Sebenarnya itu hanya ketakutan yang ada dalam pikiran. Kita tidak akan mengetahui jika tidak mencoba. Kita pun mungkin hanya terlalu berpikir negatif terhadap hal-hal yang belum terjadi. Jadi taklukkan rasa takut dengan melakukan riset tentang perusahaan baru. Cari informasi sebanyak-banyaknya, sehingga kita lebih mempersiapkan diri menghadapi pekerjaan baru.

  • Takut menjadi anak baru

Kita merasa nyaman dengan pekerjaan saat ini. Kita sudah miliki rutinitas, teman kantor, dan lainnya. Pastinya ada rasa takut untuk meninggalkan zona nyaman itu dan harus menjadi anak baru di kantor baru.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa takut menjadi anak baru di tempat kerja adalah dengan mulai mendorong diri untuk bertemu orang baru sekarang. Carilah pengalaman baru. Bergabunglah dengan grup dan klub baru di luar pekerjaan. Semakin banyak latihan kita akan siap bertemu orang baru dan semakin nyaman untuk keluar mencari pekerjaan baru.

Ketakutan terhadap pekerjaan adalah hal biasa. Semua orang pernah merasa takut. Tetapi, jangan sampai rasa takut ini menghalangi kita untuk berkembang. Hadapi ketakutan itu dengan melakukan hal yang kita takutkan. Karena sesungguhnya hal tersebut tidak semenakutkan seperti apa yang kita pikirkan. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips