Tips Hadapi Berbagai Tipe Pelanggan Bagi Perusahaan

(Sumber Gambar : https://jojonomic.com/wp-content/uploads/2019/08/shutterstock-598994645-1-e1566378179615.png)

Bandung, ITB Career Center – Pelanggan adalah raja bagi perusahaan. Pelanggan harus diberikan pelayanan maksimal. Bahkan kepuasan pelanggan adalah hal utama bagi perusahaan. Menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas dapat membawa perusahaan lebih maju dibandingkan perusahaan lain.

Walaupun pelanggan adalah segalanya, perusahaan kerap kali bertemu dengan pelanggan yang menguji kesabaran. Jika perusahaan tidak sabar, pelanggan tidak terlayani dengan baik dan dapat memunculkan citra buruk bagi perusahaan. Dikutip dari Monster.com, Lee Cockerell, mantan wakil presiden eksekutif operasi di Walt Disney World, mengatakan layanan pelanggan dapat memajukan atau menghancurkan sebuah perusahaan.

Pendekatan paling tepat kepada para pelanggan, terutama bagi pelanggan yang memberikan keluhan kepada perusahaan, adalah bersikap baik dan bersabar menghadapi keluhannya tersebut. Walaupun begitu, ada beberapa pelanggan yang membutuhkan pendekatan khusus. Monster.com merangkum beberapa tipe pelanggan dan cara menghadapinya sebagai layanan pelanggan.

  • Pelanggan yang marah

Tipe pertama adalah pelanggan yang memiliki emosi meledak-ledak. Ia sering kali mengungkapkan keluhan kepada perusahaan dengan marah, seperti meninggikan suara dan memberikan ekspresi tidak menyenangkan. Hal yang dapat kita lakukan jika bertemu dengan pelanggan seperti ini adalah menenangkan pelanggan tersebut. Kita pun harus bersikap tenang.

Selain itu, kita bisa mengajukan permintaan maaf, walaupun kita tidak bersalah di sini. Lalu, yakinkan pelanggan bahwa kita akan menangani masalah tersebut dan memberikan bantuan secepatnya atas keluhan yang diberikan.

  • Pelanggan tidak sabar

Tipe kedua adalah pelanggan yang tidak sabaran. Pelanggan seperti ini akan tampak gelisah dan ingin cepat-cepat menyelesaikan masalah yang ada. Padahal, mungkin kita membutuhkan waktu untuk memproses keluhan yang diberikan pelanggan.

Pelanggan tipe ini akan terus meneror perusahaan dan tidak senang menunggu. Kunci ketika berhadapan dengan pelanggan yang tidak sabar adalah bekerja seefisien mungkin, sambil menemukan solusi terbaik.

  • Pelanggan serba tahu

Pelanggan tipe ketiga adalah pelanggan yang merasa serba tahu. Ia mengira lebih tahu tentang produk perusahaan dibandingkan dengan perusahaan itu sendiri. Terkadang pelanggan seperti ini akan mengatur kita untuk menyelesaikan masalah dengan jalan yang ia inginkan.

Jika bertemu dengan pelanggan seperti ini, kita harus berhati-hati dan jangan memberikan reaksi negatif. Kebanyakan orang yang merasa tahu segalanya hanya butuh pengakuan, jadi turunkan ego kita dan berikan apa yang mereka inginkan.

Membangun hubungan dengan pelanggan, menunjukkan bahwa kita adalah perusahaan yang menjunjung tinggi kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang diberikan. Apapun tipe pelanggan yang datang, kita sebagai perusahaan, harus tetap memberikan pelayanan maksimal. Tujuannya agar perusahaan kita tetap menjadi pilihan para pelanggan, sekaligus dikenal memiliki pelayanan yang baik. Tentu hal ini yang membuat perusahaan terus berkembang. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips