Berkarir Sebagai Seorang Konsultan

(Sumber Gambar : https://cdn-image.hipwee.com/wp-content/uploads/2016/05/hipwee-financial-advisor-750x498.jpeg)

Bandung, ITB Career Center – Setelah berkarir dalam waktu yang lama dalam bidang tertentu, seseorang biasanya memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam bidang tersebut. Ketika kita sudah merasa senior dan cukup berpengalaman, banyak orang yang mulai beralih karir sebagai konsultan. Seorang konsultan bekerja untuk membantu klien untuk memecahkan permasalahan dalam pekerjaannya. Di sini konsultan akan membantu memberikan saran, solusi dan jalan keluar sebagai orang ketiga.

Tren yang muncul beberapa waktu belakangan, banyak orang mempertimbangkan untuk mengubah karir menjadi konsultan di bidang spesialisasi masing-masing. Banyak pula konsultan yang bergabung dan membentuk perusahaan konsultan. Tren ini berkembang karena banyak peluang yang didapat dibandingkan hanya sebagai seorang pekerja. Selain waktu yang fleksibel, konsultan biasanya dibayar mahal oleh perusahaan, sebagai seorang professional.

Untuk kita yang tertarik berkarir sebagai seorang konsultan, kita dapat menjawab beberapa hal di bawah ini. Seperti yang dikutip dari Moster.com, berikut adalah pertanyaan yang bisa kita jawab jika tertarik menjadi seorang konsultan professional.

  • Apakah kita mencari sesuatu yang fleksibel?

Alasan utama orang memulai bisnis konsultasi mereka sendiri adalah kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin. Meskipun pekerjaan sebagai konsultan memberikan kita waktu bekerja yang fleksibel, tetapi waktu bekerja tidak dapat diprediksi. Kita akan bertemu dengan berbagai klien dengan gaya bekerja yang berbeda, hal ini akan mempengaruhi waktu kita bekerja. Jika kita menyukai fleksibilitas waktu tersebut, artinya kita siap menjadi konsultan.

  • Apakah memiliki problem solving yang baik?

Sebagai seorang konsultan, kita akan membantu klien memecahkan masalah yang mereka miliki. Maka kita harus memiliki kemampuan ini. Pengalaman yang kita miliki dapat membantu kita memecahkan masalah-masalah tersebut. Selain itu, dibutuhkan pemikirian yang kuat dan analisis masalah yang baik.

  • Apakah memiliki komunikasi yang baik?

Konsultan bertugas membantu klien dengan memberikan arahan kepada klien untuk memecahkan permasalahan yang ada. Selain pintar dalam problem solving, seorang konsultan pun harus dapat menyampaikan solusi dan memberikan arahan dengan baik. Hal ini dapat dilakukan jika kita memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Komunikasi yang baik adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang konsultan. Komunikasi yang baik pun dapat membuat klien nyaman. Hal ini memberikan keuntungan bagi kita agar tetap bekerjasama dengan klien.

  • Bisakah menjual diri sendiri?

Penjualan dan pemasaran sangat penting untuk kesuksesan karir kita sebagai konsultan. Akan tetapi. sebagai konsultan kita harus berjuang sendiri dalam memasarkan diri. Mencari klien dilakukan dengan memperlihatkan kemampuan atau keahlian yang kita miliki sebagai seorang konsultan. Kita tidak harus memiliki kemampuan marketing yang handal, yang penting mampu menarik perhatian klien dengan cara tersendiri.

Beberapa pertanyaan di atas dapat kita jawab sebelum berkarir sebagai seorang konsultan. Untuk kita yang menyukai tantangan dalam bekerja pun, akan cocok berkarir di bidang ini. Jika sudah yakin dan mantap bekerja sebagai seorang konsultan, tahap terakhir adalah berkonsultasi kepada konsultan-konsultan professional untuk memulai karir ini. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips