PT. Astra Daihatsu Motor, Proritaskan Kebahagiaan Karyawan dan Pelanggan

(Sumber Gambar : ITB Career Center / Mar)

Bandung, ITB Career Center - PT. Astra Daihatsu Motor kembali mengadakan Campus Hiring. Acara dilaksanakan di Ruang 9211, GKU Timur ITB, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung, pada Jumat (10/1/2020). Campus Hiring diisi dengan alumni sharing dan pemaparan company profile PT Astra Daihatsu Motor.

Tujuan pelaksanaan Campus Hiring adalah memperkenalkan lebih jauh mengenai PT. Astra Daihatsu Motor kepada para peserta. Di sini peserta diperkenankan untuk lebih aktif bertanya apapun mengenai perusahaan. Tidak hanya diikuti oleh peserta yang berasal dari ITB, Campus Hiring ini diikuti lebih dari 100 orang peserta.

Campus Hiring diisi oleh dua manager PT. Astra Daihatsu Motor, yang merupakan alumni ITB. Pembicara pertama adalah Manager Production Engineering Paint and Assembly Department, Fanly Wisesa. Pembicara kedua adalah Manager Service Part Planning and Control Department, Muhammad Zulfinnur Ridha. Kedua pembicara merupakan alumni ITB lulusan 2002.

Perusahaan yang bergerak pada pembuatan kendaraan ini, memiliki budaya lingkungan bekerja yang menyenangkan. Bukan sekedar bekerja di pabrik, PT. Astra Daihatsu Motor membuat suasana kerja yang nyaman untuk menciptakan kerjasama yang baik antara karyawan dengan managemen. Hal itu sesuai dengan salah satu misi baru perusahaan, salah satunya memproritaskan kebahagiaan.

Zulfinnur mengatakan, PT. Astra Daihatsu Motor memiliki misi untuk membahagiakan karyawan melalui berbagai program. Program yang ada salah satunya forum antara karyawan dan managemen yang diadakan, kurang lebih satu bulan satu kali. Tujuannya adalah untuk mendengarkan aspirasi atau keluhan dari karyawan, dan ditampung oleh managemen. Sehingga karyawan dapat bekerja dengan senang hati.

“Bahkan di kantor kami, direktur tidak memiliki kantor khusus. Ruangan direktur dan karyawan sama, mejanya pun bersebelahan. Memang budaya kita seperti itu, sehingga komunikasi antara direktur dengan bawahannya lebih mudah,”ujar Zulfinnur.

Program lain yang cukup menarik bagi Zulfinnur adalah Family Visit. Kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada keluarga karyawan untuk mengunjungi pabrik tempat keluarganya bekerja. Para karyawan diberikan kesempatan mengajak keluarganya untuk memperkenalkan pabrik dan berkeliling bersama.

“Keluarga diperbolehkan masuk ke pabrik, benar-benar pabrik, untuk melihat proses pembuatan mobil. Dan ini dari semua level pekerja boleh membawa keluarganya secara bergilir. Kegiatan ini berkesan sekali dan cukup sukses dilaksanakan,” jelasnya.

Selain program-program di atas, masih banyak lagi kegiatan yang dilaksanakan yang bertujuan untuk membahagiakan karyawan dan keluarga. Karyawan pun diberikan fasilitas untuk mengembangkan diri.

“Jadi tidak sekedar bekerja di pabrik. Tidak seperti bekerja di pabrik yang terkesan kaku, Kita berusaha menciptakan iklim bekerja yang tidak seperti pabrik pada umumnya. Karena kami memprioritaskan kebahagian” ujarnya. (Mar).

 


Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips