Kesalahan Umum dalam Membuat Curriculum Vitae

(Sumber Gambar : https://content.shopback.com/id/wp-content/uploads/2018/02/06141001/Untitled-design-7.png)

Bandung, ITB Career Center - Curriculum Vitae (CV) merupakan hal pertama yang dipertimbangkan oleh perusahaan saat mencari kandidat terbaik. Bagi pencari kerja, CV merupakan pintu pertama untuk memperkenalkan diri dan keahlian kepada perusahaan. CV adalah alat untuk menjual kita sebagai pencari kerja.

Banyak pencari kerja yang melakukan kesalahan saat mengerjakan cv. Beberapa kesalahan biasanya tidak disadari pencari kerja dalam membuat cv. Dikutip dari robertwalters.co.id, berikut adalah kesalahan umum membuat cv dan bagaimana kita dapat menghindarinya.

  • Kesalahan pengetikan, kesalahan pengejaan, dan kesalahan tata bahasa

Walaupun terkesan sepele, ternyata kesalahan penulisan, pengejaan atau tata bahasa dapat memperngaruhi penilaian perusahaan terhadap kita. Hal ini memberikan kesan, bahwa kita memiliki sifat kurang teliti dan kurang serius dalam membuat cv.

Sebenarnya, kesalahan seperti ini dapat dihindari jika kita melakukan pengecekan penulisan sebelum diberikan kepada perusahaan. Maka, penting untuk memeriksa cv dengan cermat sebelum kita mengirimnya. Kita pun dapat menggunakan software atau layanan untuk memeriksa ejaan dan mencari beberapa kesalahan. Selain itu, kita dapat meminta bantuan kepada orang lain untuk memeriksa ejaan penulisan kita.

  • Foto, kertas warna dan font yang tidak biasa

Untuk membuat cv yang menarik, biasanya kita memberikan pas foto tidak biasa pada cv. Tidak lupa kita menggunakan jenis huruf yang berbeda dari kebanyakan orang, serta pilihan warna berbeda-beda, untuk membuat cv menarik agar dapat menarik perhatian perusahaan. Padahal yang kita lakukan itu malah terkesan berlebihan.

Nyatanya membuat cv menarik tidak didasari oleh foto tidak bisa dan jenis huruf yang kita gunakan. Cv yang menarik adalah cv yang berisi data diri dengan lengkap. Tidak melulu soal tampilan, jika kita memberikan informasi dengan benar dan jelas, tentu peluang kita mendapatkan pekerjaan lebih besar. Apalagi jika kita memiliki trik dalam menjual keahlian melalui cv.

  • Kurang spesifik

Ketika perusahaan melihat cv yang kita buat, yang mereka ingin tahu adalah apakah kita relevan dengan pekerjaan yang kita lamar. Maka, informasi yang perlu kita tonjolkan adalah keahlian kita yang sesuai dengan posisi pekerjaan. Terkadang, kita tidak menuliskan informasi tersebut dengan jelas dalam cv. Hal ini tanpa disadari dilakukan oleh banyak orang.

Tuliskan keahlian yang kita miliki secara jelas dan spesifik. Kita pun dapat menuliskan karir pekerjaan sebelumnya dalam bidang yang sama, tujuannya untuk menunjukan bahwa kita memiliki pengalaman bekerja pada bidang tersebut. Ini dapat menjadi kelebihan kita di mata perusahaan.

  • Kalimat panjang dan deskripsi yang rumit

Menggunakan kata-kata yang terlalu panjang dan kalimat yang rumit pada cv adalah salah satu kesalahan lain yang dilakukan kita dalam membuat cv. Kalimat panjang dapat kita gantikan dalam bentuk poin-poin yang sesuai untuk membantu perusahaan memahami cv yang kita ajukan.

Empat hal di atas adalah beberapa kesalahan yang sering ditemukan dalam pembuatan cv. Untuk mengindari berbagai kesalahan dalam membuat cv, tentu kita harus lebih teliti dan cermat. Selain itu, untuk membuat cv yang baik, kita dapat melihat dan mempelajari beberapa beberapa cv bagus melalui internet. Yang terpenting dalam membuat cv adalah memberikan informasi mengenai diri kita dengan singkat, padat dan jelas. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More