Alumni, Salah Satu Sumber Informasi Karir

(Sumber Gambar : https://i0.wp.com/quipperhome.wpcomstaging.com/wp-content/uploads/2017/04/bca9c-rsz_used_stocksnap_e42yiic1w8.jpg?resize=800%2C533)

Bandung, ITB Career Center – Informasi lowongan pekerjaan bisa kita dapatkan dari siapapun, salah satunya alumni. Alumni adalah orang-orang yang lulus dari perguruan tinggi atau sekolah yang sama dengan kita. Karena keterikatan tersebut, alumni biasanya membantu sesama alumni yang berasal dari perguruan tinggi yang sama untuk memberikan informasi karir.

Jaringan alumni biasanya diisi oleh orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan atau jabatan di suatu perusahaan. Di sini merupakan kesempatan bagi kita untuk meminta informasi seputar lowongan pekerjaan atau sekedar meminta tips untuk berkarir pada bidang tertentu. Dikutip dari Moster.ca, ada beberapa cara untuk kita membangun komunikasi dengan alumni perguruan tinggi atau sekolah.

  • Majalah Alumni

Beberapa sekolah atau perguruan tinggi menerbitkan majalah khusus yang berisi informasi seputar alumni. Biasanya akan muncul beberapa nama alumni yang sudah terkenal dan memiliki karir yang sukses. Kita dapat mencari kontak alumni-alumni tersebut dan mencoba memperkenalkan diri sebagai sesama alumni. Kemudian, kita dapat saling bertukar informasi mengenai pekerjaan.

  • Mencari data alumni

Banyak perguruan tinggi yang telah memiliki sistem yang baik dalam menyimpan data alumni. Data disimpan secara online, dan itu memudahkan kita mencari informasi tersebut. Informasi yang ada biasanya berupa tahun kelulusan, spesialisasi pekerjaan, lokasi, dan tempat kerja saat ini. Dari informasi yang disediakan perguruan tinggi, kita dapat menghubungi alumni tersebut.

  • Organisasi

Setiap perguruan tinggi memiliki organisasi untuk mengembangkan bakat mahasiswa. Biasanya setiap anggota organisasi memiliki pertemanan yang erat, terutama dengan alumni. Rasa saling memiliki membuat para alumni tidak meninggalkan organisasi begitu saja. Terkadang alumni masih ikut dalam beberapa kegiatan organisasi, bahkan ada yang bersedia meluangkan waktu untuk mengikuti acara sebagai tamu undangan.

Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi karir. Kita bisa meminta bantuan alumni dari organisasi yang sama dengan kita, untuk memberikan informasi seputar pekerjaan.

Tips di atas dapat membantu kita untuk membangun jaringan dengan alumni, tujuannya untuk berbagai informasi karir terutama di perusahaan tempat alumni bekerja. Banyak peluang pekerjaan yang dapat kita dapatkan dengan bertanya kepada alumni. Kita pun dapat meminta referensi dan dikenalkan dengan orang-orang yang dapat membantu kita dalam mencari pekerjaan. Hal yang perlu diingat adalah tetap bersikap sopan dan tidak memaksa saat mencari informasi karir kepada alumni. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More