Hal Penting Sebelum Miliki Dua Pekerjaan Sekaligus

(Sumber Gambar : https://ichef.bbci.co.uk/news/ws/410/amz/worldservice/live/assets/images/2016/03/04/160304170005_multi_tasking_640x360_getty_nocredit.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Banyak orang yang memilih memiliki dua pekerjaan sekaligus dengan berbagai alasan, diantaranya ingin mendapatkan pengalaman lebih banyak, memperoleh keterampilan baru, memperluas jaringan karir, hingga mendapatkan uang tambahan. Dikutip dari Indeed.com, ada beberapa tips yang dapat diterapkan orang-orang yang memiliki dua pekerjaan. Tips ini membantu kita menjalankan dua pekerjaan sekaligus dengan lebih efektif.

  • Mengelola waktu

Manajemen waktu yang efektif mungkin merupakan poin terpenting bagi kita yang memiliki dua pekerjaan. Untuk membantu mengatur waktu, yang harus kita lakukan adalah membuat perencana harian. Menulis tugas-tugas yang kita jalankan sehari-hari dalam sebuah perencanaan harian sangatlah penting.

Jika kita memiliki jadwal yang cukup padat, kita dapat membuat perencanaan yang terperinci dan menjalankan jadwal sesuai dengan waktu yang ditentukan. Centang catatan saat kita menyelesaikannya agar kita mengetahui pekerjaan mana saja yang sudah selesai dan mana saja yang belum.

  • Bijak memilih pekerjaan kedua

Jika kita memutuskan untuk mencari pekerjaan kedua, kita harus berpikir dengan bijaksana tentang jenis pekerjaan apa yang ingin kita lakukan. Ada beberapa pertimbangan yang harus kita pikirkan sebelumnya, yaitu uang, keterampilan baru dan jarak.

Banyak orang ingin mengambil pekerjaan kedua karena memerlukan penghasilan tambahan. Jika ini adalah tujuan kita, maka kita dapat memilih pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang kita miliki. Misalnya, seorang guru dapat menawarkan pelajaran privat, atau jurnalis dapat bekerja sebagai penulis lepas.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan jarak saat memilih pekerjaan kedua. Pertimbangkan untuk memilih pekerjaan kedua yang berlokasi di lingkungan kita atau dekat dengan pekerjaan pertama, tujuannya agar tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke pekerjaan kedua.

  • Jaga kesehatan

Memiliki dua pekerjaan artinya tantangan baru bagi kita. Agar dapat melewati tantangan tersebut, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Kita harus dapat mempertahankan gaya hidup sehat dan membagi waktu untuk teman dan keluarga meskipun memiliki waktu bekerja dua kali lebih banyak.

Selain itu, kita harus meluangkan waktu istirahat. Jangan sampai kesibukan yang kita miliki mengambil semua waktu tanpa menyisakan waktu untuk beristirahat. Jika mungkin, luangkan setidaknya satu hari seminggu kerja untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita. Tujuannya agar kedua pekerjaan dan kesehatan fisik tetap seimbang.

Memiliki dua pekerjaan tidaklah mudah. Waktu dan fokus kita pun terbagi dua, apalagi keduanya adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Tips di atas akan membantu kita yang memiliki dua pekerjaan sekaligus. Yang tepenting adalah tidak memaksakan diri dan tetap memiliki waktu untuk istirahat. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More