Adira Finance Cari Talent Yang Ingin Berkembang Melalui Program ANT

Bandung, ITB Career Center –Adira Finance memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk terus mengembangkan diri. Salah satu perusahaan multifinance di Indonesia ini memberikan kesempatan untuk berkembang dan bertumbuh bersama dengan perusahaan dengan budaya kekeluargaan.

Dikutip dari situs resmi Adira.co.id, hal tersebut sesuai dengan tiga pilar utama yang dianut oleh Adira Finance. Pilar pertama adalah Adira Finance menjunjung tinggi budaya kekeluargaan antar karyawan. Budaya kekeluargaan ini sangat kuat dan dihargai oleh setiap orang. Pilar kedua adalah memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk terus berkembang dan bertumbuh bersama perusahaan. Pilar ketiga adalah berfokus pada kesejahteraan masyarakat yang merupakan nasabah Adira Finance.

Alent acquisition Adira Finance, Aulia mengatakan, yang memberdakan Adira Finance dengan perusahaan lainnya adalah dapat menjadi tempat belajar bagi karyawannya baik bagi fresh graduate maupun karyawan yang sudah berpengalaman. Kini, Adira Finance membuka program rekrutmen bagi fresh graduate dalam Adira Insurance New Talent Program (ANT).

“Sama seperti program MT (management trainee) lainnya, hanya berbeda penamaannya. Untuk program ini kita menargetkan fresh graduate. Di sini tidak hanya skill kepemimpinan yang ditekankan, Tetapi, saat kita memasuki sebuah industri ada hal lain yang dipertimbangkan,” jelas Aulia saat ditemui di sela-sela proses rekrutmen yang diadakan di ITB Career Center, Jalan Ganesha No. 10, Kota Bandung, pada Jumat (27/12/2019).

Aulia mengatakan, selain kepemimpinan, dalam industri dibutuhkan agility (kelincahan) dan kecepatan seseorang dalam belajar. Hal ini akan membedakan seseorang dengan yang lainnya. Program yang dijalankan selama 18 bulan ini akan memberikan banyak pelatihan untuk mengembangkan semua skill tersebut.

Proses rekrutmen program ANT terdiri dari beberapa tahap. Proses rekrutmen dimulai dari mencari talent dari berbagi universitas yang ada di Indonesia. CV yang terkumpul akan diseleksi dengan ketat oleh perusahaan, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

“Untuk kriterianya sendiri kita membuka untuk S1, IPK minimal 3 dan kita melihat dari potensi mereka. Misalnya jurusannya kira-kira sesuai atau tidak dengan kebutuhan kita, dan universitasnya seperti apa. Karena bibit kepemimpinan dan softskill ini dapat kita lihat dari universitasnya,” jelasnya.

Setelah melalui tahap pertama, calon peserta program akan diundang untuk mengikuti tes psikologi. Untuk peserta yang lolos akan kembali di seleksi, apakah profilnya cocok dengan perusahaan atau tidak. Tahap selanjutnya adalah interview HR yang dilakukan secara tatap muka atau melalui media online. Interview selanjutnya adalah dengan beberapa BOD (direksi) dari Adira Finance. Terakhir adalah bertemu dengan CEO.

“Dari awal para talent sudah kita kenalkan ke BOD agar langsung terlihat apakah mereka benar-benar sesuai dengan perusahaan atau tidak. Hal ini yang membedakan karir teman-teman yang mengikuti program ini dengan staff biasa,” ujarnya.

Tujuan akhir dari program ini adalah menciptakan orang-orang yang generalis. Agar lebih fleksibel dan siap untuk menghadapi perkembangan bisnis. Goals-nya adalah menemukan calon-calon pemimpin yang memiliki agility dan kepekaan terhadap bisnis. Sehingga tidak ahli secara spesifik di satu bidang tertentu, tapi lebih dari itu.

“Mereka diharapkan mampu menjalankan sesuatu di berbagai fungsi di perusahaan kami. Mereka akan terus berkembang pula sebagai karyawan. Itu adalah tujuan program ini yang diharapkan oleh perusahaan” jelasnya, (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More