Langkah-langkah Pilih Magang Tepat Sesuai Minat

(Sumber Gambar : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/3T4R8lRx2r0naTgzT-OHGaOI8Mg=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1188293/original/008976100_1459416933-Internship-and-student.jpg)  

Bandung, ITB Career Center – Magang di suatu perusahaan saat kita masih berstatus mahasiswa dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Selain karena adanya mata kuliah yang mengharuskan kita magang di perusahaan, momen ini pun dapat dijadikan ajang belajar untuk mempersiapkan diri untuk mengetahui dunia kerja sesungguhnya.

Momen ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, salah satunya dengan memilih perusahaan yang sesuai dengan minat kita. Apalagi jika perusahaan tempat kita magang adalah perusahaan impian tempat kita ingin bekerja nanti. Dikutip dari thebalancecareers.com, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan magang dan menentukan pilihan perusahaan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencari tempat magang terbaik.

  • Mencari informasi lebih cepat

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mencari tempat magang mencari informasi tersebut. Kita dapat mencari informasi sedini mungkin. Kita dapat mencarinya dengan beberapa cara, seperti dengan bertanya pada teman-teman dekat, menghadiri pameran karir, mencari di pusat karir perguruan tinggi, atau mencari secara online. Informasi yang kita cari berupa waktu pembukaan magang, durasi pelaksanaan magang, persyaratan, dan informasi lainnya.

  • Ketahui minat

Sebelum mencari perusahaan, kita harus mengetahui bidang apa yang menjadi minat kita. Walaupun tidak terlalu spesifik, dengan memilih perusahaan magang sesuai minat, kita akan lebih senang dan semangat dalam menjalankan magang. Kita pun akan mudah berkembang dan belajar lebih banyak, karena kita menyukai bidang tersebut.

  • Network

Kita dapat mencari informasi dari orang-orang sekitar. Tanyakan kepada keluarga, teman, dosen, penasihat perguruan tinggi, dan penasihat karier di layanan karir di perguruan tinggi. Kita pun dapat meminta pengalaman orang terdekat mengenai magang yang pernah mereka lakukan. Selain itu, kita dapat menghubungi alumni untuk mencari informasi. Alumni dapat memberi informasi berharga tentang pilihan karier dan magang yang akan kita lakukan.

  • Hubungi perusahaan langsung

Setelah mengetahui bidang yang kita minati, kita dapat menghubungi perusahaan langsung mengenai magang. Kita dapat meminta informasi lengkap dengan menghubungi perusahaan. Kita pun dapat menghubungi melalui telepon, email, atau mengunjungi kantor perusahaan. Jangan lupa siapkan berkas untuk kita titipkan kepada perusahaan, sampaikan keinginan magang dan tunggu jawaban dari perusahaan.

Mengikui magang dapat memberikan perspektif lain kepada kita tentang bidang karir serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru. Magang dapat menjadi jembatan unutk kita mencari informasi mengenai karir kita setelah lulus nanti. Maka penting bagi kita untuk menemukan tempat magang yang tepat. (Mar)

 

 

 

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More
Career Tips