Persiapan Presentasi Kerja Matang Untuk Dapatkan Hasil Maksimal

(Sumber Gambar : http://www.masterpresentasi.com/wp-content/uploads/2016/11/OH1DUA0-Man-giving-lecture-audience-res.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Presentasi merupakan salah satu tahap yang akan kita hadapi pada proses rekrutmen. Proses presentasi biasanya dilakukan seseorang di depan para pemimpin perusahaan. Proses ini dapat menjadi salah satu tahap yang menentukan apakah kita dapat diterima oleh perusahaan atau tidak.

Banyak hal yang harus dipersiapakan agar dapat melakukan presentasi dengan baik. Tidak hanya bahan presentasi yang harus dipersiapkan, agar presentasi dapat berjalan dengan baik, banyak faktor yang harus kita persiapkan. Seperti yang dikutip dari articulatemarketing.com, berikut adalah beberapa persiapan presentasi.

  • Topik presentasi

Mempersiapkan topik adalah salah satu hal penting dalam presentasi. Untuk dapat memberikan presentasi dengan baik, kita harus mempersiapkan dan mengumpulkan bahan presentasi sebanyak-banyaknya. Contohnya saat presentasi di depan perusahaan, biasanya kita akan ditanyakan seputar bidang yang kita lamar dan sejauh apa kita mengenal perusahaan tersebut. Maka pelajari bidang tersebut, cari informasi, data-data penting, dan persiapkan argumen berdasarkan fakta, bukan opini semata.

  • Format presentasi

Persiapkan apa yang kita butuhkan untuk melakukan presentasi, apakah presentasi menggunakan kertas, atau menggunakan powerpoint. Hal tersebut harus kita pikirkan dan persiapkan sebelumnya, Jika membutuhkan porwerpoint, kita persiapkan halaman demi halaman dengan rapih. Jangan terlalu panjang, jangan pula terlalu singkat. Standarnya presentasi berisi 10 halaman untuk 20 menit dengan ukuran tulisan yang tidak terlalu kecil. Kemas powerpoint semenarik mungkin agar tidak jenuh selama presentasi.

  • Persiapan

Persiapan lain yang dilakukan adalah mengenai peralatan yang kita gunakan saat presentasi. Pastikan kita sudah mempersiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk presentasi, salah satunya laptop. Selain itu, kita pun harus mempersiapkan pakaian yang akan digunakan saat presentasi. Apalagi jika presentasi dilaksanakan di depan pimpinan perusahaan, tentu kita harus tampil rapih dan sopan.

  • Saat Presentasi

Ada beberapa hal penting yang kita lakukan saat waktunya presentasi. Pertama, cek kembali peralatan yang dibutuhkan untuk presentasi, jangan sampai ada yang tertinggal. Jangan lupa untuk membuat cadangan file penting untuk ditampilkan selama presentasi. Kedua, datang lebih cepat ke tempat diselenggarakannya presentasi. Dengan datang lebih cepat, kita dapat mempersiapkan peralatan yang kita bawa dengan baik.

Ketiga adalah buat interaksi dengan audience saat presentasi. Perhatikan audience saat melakukan presentasi, lihat ekspresi mereka dan ajak berdisksi mengenai presentasi yang kita lakukan. Dengan begini, audience akan fokus mengikuti presentasi. Keempat adalah jawab pertanyaan yang diberikan audience dengan singkat, padat dan jelas.

Dalam proses rekrutmen, presentasi dilakukan untuk melihat seberapa dalam penguasaan kita terhadap bidang yang kita lamar. Selain saat rekrutmen, saat bekerja nanti, kita akan banyak melakukan presentasi di depan orang-orang yang berbeda. Tips di atas akan membantu kita melakukan persiapan presentasi dengan baik. Dengan persiapan yang matang, tentu hasil presentasi yang kita lakukan akan maksimal. (Mar)

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More