Manajemen Waktu untuk Tingkatkan Produktivitas Saat Bekerja

(Sumber Gambar : https://1.bp.blogspot.com/-O5aX8zWoEYA/XGJDuY-Lv4I/AAAAAAAAOVI/2Vs-44089TM3x9w332-cgbTfIAQjEibUgCLcBGAs/s1600/Manajemen%2BWaktu.jpg)

Bandung, ITB Career Center – Manajemen waktu adalah hal yang penting dalam sebuah pekerjaan. Dengan manajemen waktu yang baik tentu kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan mendapatkan hasil yang maksimal. Manajemen waktu yang baik pun dapat meningkatkan produktivitas kita.

Ada beberapa tips manajemen waktu yang dapat kita terapkan saat bekerja. Dikutip dari thebalancesmb.com, berikut adalah manajemen waktu yang baik saat bekerja.

  • Kurangi kegiatan yang membuang-buang waktu

Saat bekerja, terkadang kita melakukan beberapa kegiatan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Kegiatan tersebut hanya akan menyita waktu bekerja. Seperti bermain internet, menggunakan media sosial, chatting dengan teman dan lainnya. Tidak salah jika hal tersebut dilakukan sesekali, tetapi jika dilakukan terus menerus hanya akan membuang waktu bekerja. Maka, hindari kegiatan-kegiatan tersebut dan kita gantikan kegiatan tersebut dengan mengerjakan pekerjaan wajib di kantor.

  • Mengetahui tujuan manajemen waktu

Manajemen waktu ada untuk mengubah perilaku kita menjadi lebih disiplin terhadap waktu. Artinya, kita tidak hanya mangubah jadwal pekerjaan, atau pun mengubah waktu, tujuan mempelajari manajemen waktu adalah mengubah perilaku. Ubah perilaku untuk bersikap disiplin dalam menjalani pekerjaan dan berniat untuk meninggalkan kegiatan yang tidak penting.

  • Membuat perencanaan

Untuk mengatur waktu, kita dapat membuat perencanaan tentang apa saja yang kita harus kerjakan hari ini. Kita dapat menulisnya secara manual atau dapat menggunakan aplikasi di smartphone yang kita miliki. Dengan mengetahui kegiatan apa saja yang kita lakukan, kita pun dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap pekerjaan. Sehingga, jika dalam satu hari kita memiliki beberapa pekerjaan, kita dapat menghitung waktu ideal mengerjakan setiap pekerjaan dan menyelesaikan semua pekerjaan seusuai waktunya.

  • Membuat prioritas

Setiap tugas memiliki urgensi yang berbeda-beda, ada pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat, ada pekerjaan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mengerjakannya, ada pula pekerjaan yang dapat diselesaikan lebih cepat. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat memprioritaskan pekerjaan mana saja yang harus selesai lebih dulu. Hal ini sangat membantu kita menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline.

Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, kita akan lebih disiplin dalam menjalankan tugas. Walaupun mengubah perilaku memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama, kita bisa mengubah perilaku secara bertahap. Misalnya, selama satu minggu mencoba mengurahi bermain sosial media saat jam bekerja, dan lainnya. Dilakukan bertahap dan berkali-kali, sehingga kita terbiasa. (Mar).

 



Komentar



Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More