Alur dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2019

(Sumber Gambar : https://www.riaubertuah.id/upload/images/1566377470-RiauBertuah_co-cpns.png)

Bandung, ITB Career Center – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dimulai. Sebanyak 152.286 formasi dibuka pada penerimaan CPNS tahun 2019. Tahun lalu, jumlah pelamar CPNS 2018 mencapai empat juta pelamar, tahun ini pun jumlah pendaftar dirpresiksi meningkat hingga 10 persen. Untuk kita yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS 2019, ada beberapa informasi yang perlu diketahui, seperti alur pendaftaran dan jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2019. Dirangkum dari sscn.bkn.go.id, berikut alur pendaftaran dan jadwal CPNS 2019.

  • Akses Portal

Seluruh informasi dan pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online melalui situs sscans.bkn.go.id. Di sini kita akan menemukan seluruh informasi, posisi yang dibuka, penempatan bekerja, hingga layanan helpdesk jika memiliki kesulitan saat melakukan pendaftaran.

  • Membuat Akun

Pendaftaran melalui laman sscans.bkn.go.id, dilaksanakan mulai tanggal 11 November hingga 25 November 2019. Untuk melakukan pendaftaran kita harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun dapat dibuat dengan memilih menu registrasi pada laman, dan memasukan beberapa data diri. Data diri yang dibutuhkan untuk membuat akun adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu Keluarga (No.KK), nama tanpa gelar, tanggal lahir, jenis kelamin, email, password akun, mengunggah foto, kemudian mencetak kartu informasi akun.

  • Log in SSCN dan Daftar Instansi

Setelah memiliki akun, kita dapat melakukan pendaftaran. Caranya dengan melakukan log in menggunakan NIK dan Password. Setelah itu, kita harus mengisi beberapa informasi dan mengunggah beberapa data sesuai dengan persyaratan yang ada. Jika telah selesai mengunggah seluruh data dan mengisi informasi, kita dapat mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019.

  • Verifikasi

Tahap selanjutanya adalah verifikasi instansi terhadap dokumen pelamar. Verifikasi yang dilakukan untuk melihat kesesuaian data pelamar dan jenis atau tingkat disabilitas. Verifikasi khusus untuk pelamar penyandang disabilitas akan dilaksanakan pada 26 November hingga 3 Desember 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi setelah proses verifikasi dilaksanakan pada 12 Desember mendatang.

  • Masa Sanggah

Seperti yang dikutip dari buku pendaftaran SSCN 2019, Masa Sanggah merupakan waktu yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi. Pelamar diberikan waktu sanggahan tiga hari setelah pengumuman seleksi administrasi dan bagi instansi diberikan tujuh hari untuk memproses sanggahan pelamar. Waktu sanggah dilaksanakan pada 13 Desember hingga 15 Desember 2019.

  • Tes Seleksi

Setelah lolos seleksi administrasi, pelamar akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kita dapat mencetak nomor ujian secara online mulai pada 26 Desember hingga 31 Desember 2019. Pengumuman jadwal SKD diberitahukan kepada pelamar pada Januari 2020. Sedangkan, hasil SKD akan diumumkan pada Januari 2020.

Untuk pelamar yang lolos, kemudian akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Februari 2020. SKB terdiri dari beberapa tahapan, seperti psikotes dan wawancara. Waktu pelaksanaan SKB berakhir pada Maret 2020. Setelah serangkaian tes, peserta akan menunggu pengumuman kelulusan akhir yang akan diumumkan pada April 2020. (Mar)

 




Komentar



Events & Calendar
    • No Upcoming Event
Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More