Pintar Manfaatkan Waktu untuk Tetap Produktif Setiap Hari

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang ingin lebih produktif. Terkadang banyak hal yang menghalangi kita untuk fokus menyelesaikan tugas-tugas, seperti rasa malas, sosial media, atau godaan lainnya. Saat malas menyerang, otomatis kita akan berhenti produktif dan memilih untuk menunda pekerjaan.

Kita bisa lebih produktif dengan memanfaatkan waktu secara efesien dan pintar mengelola waktu. Merasa kurang produktif pernah dirasakan semua orang, tetapi kita dapat meminimalisirnya dengan menerapkan beberapa tips yang dikutip dari inc.com. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari.

  • Bangun 15 menit lebih awal

Bangun lebih awal ternyata dapat mengubah kehidupan kita. Bangun setidaknya 15 menit lebih awal setiap hari akan memberikan kita waktu tambahan untuk mempersiapkan diri dan pikiran. Kita dapat sarapan pagi dengan santai, mempersiapkan keperluan kantor dengan tidak terburu-buru dan hal tersebut ternyata membantu mood kita lebih stabil dipagi hari. Mood yang baik yang dibangun sejak pagi tentu akan membantu kita lebih produktif dalam bekerja.

  • Mengisi waktu dengan baik

Ada beberapa waktu yang bisa kita manfaatkan untuk lebih produktif. Kegiatan rutin yang kita biasa lakukan seperti sedang dalam perjalanan, berkendara, menunggu rapat, mandi dan lainnya, dapat kita barengi dengan mendengarkan podcast atau audiobook.

Tony Robbins menyebutnya sebagai waktu NET - No Extra Time. Disela-sela waktu saat kita menjalankan kegiatan tersebut, kita dapat sekaligus mendengarkan beberapa informasi penting, baik melalui podcast, radio atau audiobook. Terkadang, saat tidak bekerja seperti ini kita akan mendapatkan ide-ide baru jika kita pancing dengan informasi baru.

  • Istirahat saat jenuh

Penelitian menganjurkan kita untuk bergerak setiap 30 atau 60 menit sekali saat bekerja. Kita dapat melakukan hal ringan jika sudah merasa jenuh bekerja, seperti berjalan-jalan di sekitar kantor, meninggalkan meja kerja sebentar, membuat kopi atau minuman yang kita sukai, dan lainnya. Tentu kita tidak boleh memaksakan diri saat bekerja, jika tubuh dan otak sudah merasa lelah, pekerjaan tidak dapat dikerjakan dengan baik.

  • Tidak bermain sosial media saat bangun tidur

Kegiatan yang paling banyak membuat kita tidak produktif adalah memulai hari dengan bermain media sosial. Bangun tidur di pagi hari, lalu mengambil handphone dan bermain media sosial adalah hal yang tidak baik. Kita akan terjebak dan malas beraktifitas jika hal pertama yang kita lakukan untuk memulai hari adalah bermain media sosial. Maka hindari bermain media sosial saat bangun tidur, dan gunakan media sosial secukupnya, jangan sampai media sosial malah menghalangi kita untuk produktif hari ini.

Beberapa tips di atas dapat kita terapkan untuk kehidupan yang lebih produktif. Intinya, walaupun harus tetap fokus dalam bekerja, kita pun tidak bisa memaksakan tubuh dan otak untuk bekerja. Ada saatnya kita bekerja dengan serius dan ada saatnya kita beristirahat. Selain itu, pintar membagi dan memanfaatkan waktu adalah kunci agar tetap produktif setiap hari. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More