Pentingnya Tes Kepribadian dalam Proses Rekrutmen

(Sumber Gambar : https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2018/11/23/213464472.png)

Bandung, ITB Career Center – Tes kepribadian merupakan salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk meyeleksi calon karyawannya. Melalui tes ini perusahaan akan mendapatkan kandidat dengan kepribadian dan nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan begitu perusahaan akan menemukan kandidat yang paling memenuhi syarat untuk posisi tersebut, baik dalam hal keahlian dan kepribadian.

Dikutip dari Tech.co, pada April 2014, lembaga pembelajaran global Hyper Island merilis hasil dari survei terhadap lebih dari 500 CEO, direktur pelaksana, manajer perekrutan, dan karyawan di industri teknologi, komunikasi, dan pengembangan bisnis. Hasilnya menggambarkan betapa pentingnya perusahaan mengetahui kepribadian calon karyawannya.

Hyper Island menemukan bahwa 78 persen responden merasa bahwa kepribadian adalah aspek paling penting dalam hal perekrutan, bahkan lebih dari keterampilan yang dimiliki seorang calon (38 persen). Ketika ditanya sifat kepribadian mana yang paling penting, responden menyebutkan optimisme, kreativitas, dan pikiran terbuka sebagai sifat yang mereka cari karyawan baru.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipahami mengapa tes kepribadian ini adalah hal yang penting. Biginterview.com menjabarkan beberapa alasan mengapa perusahaan menggunakan tes kepribadian untuk mencari karyawannya.

  • Untuk Melihat apakah Cocok dengan Budaya Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya tempat kerja sendiri dan penting bagi perusahaan untuk menentukan apakah kepribadian kita akan cocok dengan budaya perusahaan secara keseluruhan. Misalnya, jika kita adalah orang yang berpikiran serius, mungkin tidak berhasil di perusahaan yang memiliki suasana lebih santai. Dengan cara yang sama, jika kita lebih senang dengan lingkungan yang kerja santai, kita mungkin tidak melakukannya tidak akan cocok di lingkungan perusahaan yang lebih ketat.

  • Untuk Melihat apakah Cocok dalam Tim

Terkadang sebuah perusahaan menggunakan tes kepribadian untuk menentukan apakah seorang kandidat memiliki sikap atau pengambil keputusan yang tepat untuk jenis pekerjaan tertentu, salah satunya dalam kerjasama tim.

  • Untuk Menentukan Gaya Komunikasi

Komunikasi yang baik sangat penting dalam lingkungan kerja. Terutama bagi perusahaan yang mengendapankan komunikasi dalam pekerjaanya. Salah satunya untuk posisi manajemen atau pelanggan. Jenis penilaian ini dirancang untuk membantu mereka memahami bagaimana kita berkomunikasi, menangani konflik, dan berkolaborasi dengan rekan satu tim.

Selain membantu perusahaan, tes kepribadian akan membantu kita untuk menentukan pasion kita dalam berkarir. Tentu kita akan menemukan perusahaan yang sesuai dengan kepribadian kita, sehingga kita bekerja dengan nyaman. Maka, berikanlah jawaban sejujurnya pada setiap tes kepribadian, agar kita tidak terjebak pada perusahaan yang tidak sesuai dengan gaya bekerja yang kita miliki. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More