Japan Job Fair 2019, Jembatan antara Perusahaan Jepang dengan Pencari Kerja asal Indonesia

Bandung, ITB Career Center – Sebanyak 16 perusahaan asal Jepang mengikuti Japan Job Fair 2019 di Aula Timur, Kampus ITB, Kota Bandung. Sebelumnya Japan Job Fair 2019 diadakan di Jakarta dan diikuti oleh 20 perusahaan asal Jepang. Japan Job Fair 2019 merupakan program kerjasama Pemerintah Jepang melalui Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Indsutri Jepang (METI) dengan Pasona dan Jetro.

“Untuk di Bandung ada 16 perusahaan, Jakarta 20 perusahaan, Totalnya ada 24 Perusahaan yang berpratisipasi. Untuk Jakarta dan Bandung kurang lebih kesamaan perusahaannya sekitar 75 persen,” ujar HR Event and Promotion PT Pasona, Fauzi, pada Senin (7/10/2019).

Fauzi mengatakan, Japan Job Fair 2019 bertujuan untuk membantu perusahaan Jepang yang ingin memperluas usaha (ekspansi) ke luar negeri, salah satunya Indonesia. Menurutnya, banyak perusahaan Jepang yang ingin melakukan ekspensi keluar negeri, biasanya perusahaan Jepang hanya akan membuka kesempatan untuk magang di Jepang. Untuk tahun ini, tidak hanya magang, perusahaan asal Jepang sudah dapat mengangkat karyawan langsung, baik secara kontrak ataupun secara permanen.

Sebelumnya Pasona sering bekerjasama dengan METI untuk program kerjasama magang. Magang dilaksanakan dalam waktu yang terbatas, yaitu tiga hingga enam bulan. Untuk memperbesar kerjasama, maka Japan Job Fair 2019 dilaksanakan.

“Terlebih Pasona sendiri juga sudah banyak mendapat pertanyaan, apakah untuk bekerja di Jepang bisa melalui Pasona, sejauh ini belum bisa. Untuk tahun ini kita sudah ada kemajuan, sudah dapat menjalakan job fair dan sudah bisa mengakomodir bagi perusahaan yang ke ingin ke Indonesia dan mendapatkan pekerja asal Indonesia. Kita pun mengakomodir teman-teman di Indonesia yang ingin bekerja di Jepang,” jelasnya.

Salah satu perusahaan Jepang yang berpartisipasi dalam Japan Job Fair 2019 adalah ASPARK. Perusahaan asal Jepang ini pertama kali mengikuti Job Fair khusus perusahaan Jepang. CEO ASPARK, Obata Daisuke mengatakan, acara ini sangat bermanfaat untuk mempertemukan pekerja dengan perusahaan.

“Acaranya menarik. Waktu di Jakarta pun peminatnya banyak sekali,” ujarnya saat ditemui di sela-sela Job Fair.

Japan Job Fair 2019 dilaksanakan di tiga negara, yaitu Jakarta (Indonesia) pada 5 Oktober 2019, Bandung (Indonesia) pada 7 Oktober 2019, Da Nang (Vietnam) pada 16 November 2019, Hanoi (Vietnam) pada 19 November 2019, Ho Chi Minh (Vietnam) pada 23 November 2019 dan Delhi (India) pada 8 Desember 2019. Setelah mengikuti Japan Job Fair 2019, peserta yang lolos beberapa tahapan rekrutmen pada saat job fair, akan mengikuti beberapa rangkaian rekrutmen lainnya setelah job fair berlangsung. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More