Trik Bangun Karir dalam Industri Kreatif

(Sumber Gambar: https://indiekraf.com/wp-content/uploads/2019/04/creative-industry-780x405.png)

Bandung, ITB Career Center – Industri kreatif dipandang sebagai bidang yang sulit ditaklukan. Menurut Kementerian Perdagangan Indonesia, industri kreatif adalah sebuah industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat seseorang. Industri ini dianggap sulit karena persaiangannya sangat ketat. Kita harus terus memunculkan ide-ide kreatif untuk tetap berkembang dan bertahan pada industri ini.

Dikutip dari canva.com, industri kreatif tumbuh lebih pesat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk meniti karir dalam industri, ada beberapa aturan yang sebaiknya dipelajari. Berikut adalah aturan-aturan bagi lulusan yang ingin masuk ke industri kreatif.

  • Temukan Spesialisasi

Dalam industri kreatif ada begitu banyak karier kreatif yang dapat kita pilih, bahkan di dalam karier itu, ada banyak pekerjaan, peran, dan spesialisasi. Sebagai pemula dalam dunia kreatif pastinya kita ingin mengambil semua peran, tetapi jika ingin membangun karier yang sukses, kita perlu memfokuskan diri pada satu pilihan dan membangun keterampilan kreatif di dalam spesialiasi itu.

Contohnya untuk seorang desainer grafis, ada begitu banyak pekerjaan yang masuk ke dalam ranah desain grafis. Kita dapat mendesain logo untuk bisnis kecil. Kita dapat mendesain resume untuk eksekutif, menu untuk restoran, poster untuk konser dan festival musik dan lainnya. Kita sebaiknya memfokuskan diri pada satu spesialisasi, contohnya hanya membuat logo, atau hanya merancang resume. Sehingga kita akan lebih mendalam dan lebih professional dalam satu hal.

  • Asah terus pemikiran kreatif

Saat bekerja di industri kreatif, kita akan bertemu dengan proyek-proyek yang mengharuskan kita berpikir kreatif. Kita akan bertemu dengan proyek berbeda-beda, yang mengharuskan kita berinovasi. Artinya kita akan selalu dituntut untuk mengasah kemampuan dan mengasah pemikiran kreatif kita. Untuk mempertahankan krativitas, kita dapat mengerjakan proyek di luar pekerjaan utama. Ini memberi kita kesempatan untuk keluar dari zona nyaman. Hal baru dipercaya akan refresh kembali pikiran kita.

  • Pentingnya network   

Dalam industri kreatif, networking sangatlah penting. Networking membuka kita kepada proyek-proyek baru. Bahkan begitu banyak peluang proyek kreatif berasal dari rujukan orang lain, baik dari klien kita, kolega, atau seseorang yang menyukai hasil kerja kita. Kita dapat memperlebar jaringan dengan mengikuti berbagai komunitas yang berhubungan dengan bidang kita. Selain itu, kita harus menjaga ikatan pertemanan dengan klien dan teman lama.

  • Tetap belajar

Tidak berhenti belajar adalah kunci kesuksesan berkarir di industri kreatif. Walaupun kita sudah ada di industri ini untuk waktu yang lama, kita harus tetap belajar hal-hal baru. Semangat belajar akan membawa kita terus berkembang. Selain itu, kita dapat meningkatkan kemampuan dengan menantang diri sendiri dengan proyek baru.        

Untuk dapat bertahan pada industri kreatif, kita harus menjadi orang yang profesional dan mempertahankan kinerja. Tugas kita adalah memuaskan klien atas pekerjaan yang kita lakukan. Semakin profesional kita, semakin banyak orang menyukai kerja kita, semakin banyak juga peluang yang akan kita dapat dlaam industri kreatif ini. (Mar)

 

 



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More