Karir Tepat Bagi Seorang Pemalu

(Sumber Gambar : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/magazine.job-like.com/magazine/wp-content/uploads/2017/08/29214439/aHR0cDovL3d3dy5idXNpbmVzc25ld3NkYWlseS5jb20vaW1hZ2VzL2kvMDAwLzAxNC8xNTQvb3JpZ2luYWwvc2h1dHRlcnN0b2NrXzM4NTEwNjc2NC5qcGc.jpeg)

Bandung, ITB Career Center – Setiap orang memiliki karakter masing-masing. Karakter yang kita miliki ini dapat berpengaruh pada pemilihan karir di masa depan. Salah satunya karir untuk orang yang memiliki sifat pemalu. Berbeda dengan orang yang senang menjadi pusat perhatian, seseorang yang pemalu biasanya tidak terlalu menonjol dan memilih pekerjaan di belakang layar.

Menurut trade-schools.net, berikut adalah beberapa bidang karir terbaik untuk orang yang pemalu, yang mungkin dapat jadi pilihan bagi kita si pemalu untuk berkarir.

  • Konseling dan Layanan Kemanusiaan

Biasanya orang yang pemalu adalah seorang pendengar yang baik. Alasannya, karena orang yang pemalu cenderung diam dalam suatu suasana dan lebih senang mengamati. Menjadi pendengar dan pengamat yang baik merupakan salah satu keahlian yang dibutuhkan utnuk berkarir di bidang konseling dan layanan kemanusiaan.

  • Teknologi Informasi

Teknologi informasi (IT) mungkin menjadi salah satu bidang pertama yang muncul di benak kita ketika memikirkan karier yang baik untuk orang yang pemalu. Banyak profesional IT yang bekerja sendirian di depan komputer dan ini menjadi solusi bagi orang pemalu yang tidak suka terlalu sering berinteraksi dengan orang lain. Jika bekerja sendiri membuat kita lebih nyaman, pekerjaan bidang IT dapat menjadi pertimbangan.

  • Sains dan Teknik

Salah satu stereotip yang melekat pada seorang ilmuwan adalah pendiam dan bekerja sendirian di laboratorium. Namun, banyak orang yang pemalu memiliki karakteristik pribadi lain yang dapat menjadikan mereka ilmuwan atau insinyur yang unggul. Sebagai contoh, orang-orang yang pemalu biasanya adalah pengamat yang cermat dan secara umum tidak terburu-buru mengambil kesimpulan sampai mereka mengumpulkan semua fakta.

Selain itu, sains dan teknik adalah bidang dengan karier yang beragam, banyak pula peluang untuk interaksi sosial yang lebih banyak kita akan dilatih untuk lebih percaya diri dalam berinteraksi. Jadi, kita mungkin dapat menyesuaikan posisi dengan tingkat kenyamanan interaksi pribadi.

Menjadi seorang yang pemalu bukanlah kekurangan jika kita dapat menemukan bidang yang sesuai dengan keterampilan dan minat kita. Tetapi jangan sampai rasa malu ini menghalangi kita dalam berkarir. Beberapa pekerjaan di atas dapat menjadi pertimbangan untuk kita si pemalu untuk membangun karir. (Mar)



Komentar



Frequently asked questions
Mengapa saya tidak bisa login?

Saya lupa username/password, Saya sudah menggunakan fitur "forgot password", mengapa saya masih gagal login juga?

Setelah registrasi saya telah melakukan verifikasi email tapi saya masih belum dapat melakukan login. Apa yang kurang?

More